• Doa Keluarga Sakinah

    Oleh : Abdullah Gymnastiar09 Desember 2016 10:03
    KELUARGA sakinah adalah keluarga yang tulus dan ikhlas hanya berorientasi pada kecintaan dan keridaan Allah Swt. Dan kondisi seperti ini haruslah kita pinta hanya kepada Allah Swt.

    Segala pujian hanyalah milik Allah Swt, segala puja hanya kembali kepada-Nya. Semoga Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang memasukkan kita dan keluarga kita sebagai golongan manusia yang mencintai Allah dan dicintai-Nya. Salawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada suri teladan kita, Nabi Muhammad Saw.

    Saudaraku, barangsiapa yang merindukan berumah tangga sakinah, memiliki pasangan hidup dan keturunan yang benar-benar menjadi penyejuk hati dan penentram jiwa, juga ingin menjadi teladan bagi orang yang bertakwa, maka amalkanlah doa berikut ini. Sebuah doa yang diajarkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah Saw dan beliau mengajarkannya kepada kita.

    “..Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqon [25] : 74)

    Robbanaa hablanaa min azwaajina wa dzurriyaatinaa qurrota a’yun, ya Allah ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami pasangan hidup dan anak-anak yang menjadi penyejuk mata dan hati serta penentram jiwa. Waj’alnaa lillmuttaqiina imaama, dan jadikanlah kami sebagai panutan, teladan, bagi orang-orang yang bertakwa.

    Jadi, keluarga yang sakinah itu adalah keluarga yang bersih tauhidnya. Keluarga yang yakin bahwa tidak ada karunia sekecil apapun kecuali hanya datang dari Allah Swt. Karena orang-orang yang bertauhid itu pasti ketika melakukan alam kebaikan tidaklah karena alasan mencari pujian, penghargaan, imbalan dan balas budi dari makhluk.

    Keluarga yang sakinah adalah keluarga yang tulus dan ikhlas hanya berorientasi pada kecintaan dan keridaan Allah Swt. Dan kondisi seperti ini haruslah kita pinta hanya kepada Allah Swt, karena yang bisa membolak-balik hati hanyalah Allah Swt.

    Hanya Allah Swt yang bisa mengkaruniakan pasangan hidup kepada kita. Hanya Allah Swt yang bisa menghunjamkan rasa cinta di dalam hati kita. Dan, Allah Swt juga yang bisa membimbing kita agar menjadi teladan bagi orang-orang yang bertakwa.

    Mengapa kita pinta menjadi teladan bagi orang-orang yang bertakwa? Karena jikalau kita berbuat sebaik apapun, pasti akan ada saja orang yang tidak suka kepada kita dengan berbagai macam alasan. Namun, teladan bagi orang yang bertakwa, maka standar yang digunakan adalah ahli takwa.

    Allah Swt. berfirman,“..Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu..” (QS. Al Hujurot [49] : 13)

    Orang yang paling mulia di hadapan Allah Swt adalah orang yang paling bertakwa kepada-Nya. Maka betapa mulianya seseorang yang bisa menjadi teladan bagi orang-orang yang dicintai oleh Allah Swt. Inilah derajat tertinggi bagi sebuah keluarga.

    Semoga Allah Swt. mengkaruniakan kepada kita keluarga yang sakinah, keluarga yang senantiasa ingin mengenal dengan Allah, ingin dekat dengan Allah dan berupaya sekuat tenaga meraih cinta Allah Swt. Robbanaa hablanaa min azwaajina wa dzurriyaatina qurrota a’yun waj’alnaa lilmuttaqiina imaama. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. (*)




meikarta.. the world of ours