• Dorong Promosi Wisata, Jurnalis Bandung Bentuk ITJA

    Oleh : Ghiok Riswoto02 Februari 2017 02:30
    INILAH, Bandung,- Bentuk kepedulian terhadap pengembangan potensi wisata di Indonesia, sekaligus mendorong partisipasi aktif dalam penggalian potensi wisata, sejumlah jurnalis bandung kalangan pelaku usaha sektor pariwisata membentuk Indonesian Tourism Journalist Association (ITJA).

    Salah seorang penggagas ITJA yang juga pengusaha tour travel, Jack Febrian Rudi mengungkapkan, potensi pariwisata Indonesia sangat luar biasa besar. Namun, besarnya potensi tersebut belum tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Sehingga kemudian munculah ide pembentukan asosiasi yang fokus dalam penggarapan promosi pariwisata.

    "Sejujurnya ide awal ini karena bentuk kepedulian terhadap besarnya potensi wisata Indonesia namun belum tersampaikan informasinya. Alhamdulillah, gayung bersambut sejumlah teman-teman wartawan juga memiliki pandangan serupa. Maka kemudian lahirlah ITJA," ungkap Jack kepada INILAH, Selasa (1/2/2017).

    Menurut Jack, cita-cita besart ITJA juga tentu saja sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memajukan industri pariwisata. Tak hanya itu, kehadiran ITJA sebagai asosiasi gabungan jurnalis dan pelaku usaha sektor pariwisata tentunya akan berdampak positif dalam menggerakan sektor pariwisata di Indonesia.

    "Peran media dalam mempromosikan pariwisata Indonesia sangat penting. Banyak informasi mengenai destinasi pariwisata yang disampaikan melalui media cetak, elektronik dan media online yang mendorong wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata. Inilah yang ingin kami bangun bersama, melalui pemahaman dan tentu pandangan sama tentang bagaimana menggeliatkan sektor pariwisata sebagai satu sumber pendapatan unggulan di Indonesia," tambahnya.

    Terpisah, wartawan senior yang juga turut menginisiasi pendirian ITJA, Miftahul Akmal mengungkapkan, jurnalis juga memiliki tanggung jawab sebagai bagian dari bangsa untuk turut berpartisipasi aktif dalam menggerakan pembangunan. Karenanya, sebagai praktisi media, Akmal mengaku sangat mendukung dan siap berkontribusi nyata dalam mendorong pariwisata Indonesia.

    "Kami tentu menyambut baik pendirian ITJA. Karena secara tidak langsung bisa turut berpartisipasi aktif dalam mendorong gerak pariwisata di Indonesia. Selain itu, kehadiran informasi-informasi yang berkaitan dengan dunia pariwisata saat ini sangat dibutuhkan masyarakat saat ini," ujarnya.

    Hal senada juga diungkapkan wartawan lainnya, Herry KS. Dikatakan Herry, Indonesia merupakan surganya pariwisata. Namun, karena keterbatasan informasi yang menyuguhkan secara berkala terkait lokasi-lokasi maupun sarana prasarana, potensi besar pariwisata belum mampu tergarap secara optimal.

    "Saat ini sudah sangat baik, informasi terkait tempat wisata begitu banyak bertebaran khususnya di medsos. Namun tentu kalau informasi tersebut dikelola dengan sangat baik, maka informasinya juga akan semakin luas, terlebih melalui media massa yang notabenenya bisa dipertanggung jawabkan," pungkas Herry. (ghi)