Senin, 24 November 2014 | 02:45 WIB

Inilah Kecanggihan Stadion Gedebage Persib

Oleh: Yatni Setianingsih
Liga indonesia - Jumat, 7 Januari 2011 | 08:11 WIB
Proses Pembangunan Stadion Utama Sepak Bola (SUS) Gedebage - inilah.com/Syamsuddin Nasoetion

INILAH.COM,Bandung - Stadion Utama Sepak Bola (SUS) Gedebage rencananya bakal dibangun dengan mengutamakan kenyamanan dan keindahan. Tak sekadar lapangan luas, stadion itu juga dilengkapi fasilitas baik untuk atlet, maupun penonton.

Rencananya, pembangunan stadion tersebut rampung akhir tahun ini. Uniknya, stadion yang mampu menampung hingga 38.000 penonton ini akan memasang atap menyerupai alat musik tabuh khas Sunda kendang. Atap kendang itu akan menutupi tribun utama yang berada di bagian barat stadion.

Penonton yang duduk di bawah atap kendang tentunya akan merasa nyaman karena tak akan terkena hujan maupun sengatan matahari. Pasalnya, atap tersebut menutupi bagian tribun barat yang terdiri dari empat lantai.

Stadion yang dibangun di atas lahan seluas 24,5 hektare ini dilengkapi dengan tribun, lapangan sepak bola, atletik, kantor, sirkulasi dan servis. Stadion ini masuk dalam Kategori A dari stadion Sepakbola.

Di Indonesia baru ada 10 stadion yang termasuk dalam kategori A yaitu Stadion Batakan, Stadion Dompak, Stadion Gedebage, SUGBK (Gelora Bung Karno), Gelora Bung Tomo, Gelora Jakabaring, Stadion Nasional, Stadion Palaran, Stadion Perjiwa, Stadion dan Taman BMW.

Tidak seperti Stadion Siliwangi dan Si Jalak Harupat , penonton yang datang ke Stadion Gedebage nantinya bisa menikmati permainan sang pujaannya, dengan duduk santai di atas kursi yang biasa ditemukan di gedung-gedung bioskop. Saat penonton beranjak dari tempat duduknya, secara otomatis kursi tersebut akan melipat sendiri.

“Kursinya ternyata kuat, meski diguncang-diguncang tidak apa-apa,” kata Wakil Walikota Bandung Ayi Vivanda saat mencoba contoh kursi ketika meninjau proyek stadion bertaraf internasional tersebut.

Stadion yang dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini rencananya akan menjadi kandang Persib. Selama ini, Persib kerap kesulitan mencari lapangan bola. Dalam setiap laga kandang, Persib menyewa Stadion Si Jalak Harupat atau Stadion Siliwangi.

"Sekarang baru tercapai 16 persen pembangunannya . Ada deviasi 6 persen. Keterlambatan pembangunan terjadi karena 3 faktor yaitu aspek nonteknis, curah hujan, dan aksesibilitas," kata Ayi. [gin]

Berita Lainnya
41 Komentar
yudistira Bachtiar S.Kom @ Rabu, 10 Oktober 2012 | 14:07 WIB Ini baru Stadion Berkualitas Go Go Go PERSIB X: VIKING ORANG X-NEW Tambun BEKASI Hooligan Zalur LIBYA m/
aldyans @ Jumat, 3 Agustus 2012 | 21:05 WIB stadion gedebage pasi mengalahkan stadion utama GBK
Ikhsan bobotoh persib @ Minggu, 17 Juni 2012 | 19:06 WIB Hayang Buru Buru jadi Stadion Gede Bage by:Viking
Riki @ Selasa, 10 April 2012 | 18:28 WIB tapi kade kanggo para bobotoh ulah ngaruksak mun tos janten stadionna... stadion adalah bagian dari sebuah tim, stadion yang nyaman bisa membuat pemain relax... belajarlah dari para suporter di eropa.. kalem kalem...
dodi bobotoh cirebon @ Selasa, 28 Februari 2012 | 20:07 WIB kami bobotoh cirebon kami akan datang untuk mendukung persib
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
UJIAN PERTAMA MERAH-PUTIH
PERJUANGAN Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2014 dimulai, Sabtu (22/11) petang WIB. Tuan rumah Vietnam jadi tantangan pertama skuat Merah-Putih.
ASPIRASI + Indeks