Sabtu, 20 Desember 2014 | 23:29 WIB
EKONOMI

Hama Tikus Ancam Panen Padi di Tasikmalaya

Oleh:
Ekbis - Sabtu, 22 Januari 2011 | 21:25 WIB
Foto: Istimewa

INILAH.COM, Tasikmayala - Puluhan hektare tanaman padi yang tersebar di wilayah Kabupaten Tasikmalaya bagian utara terancam gagal panen akibat serangan hama tikus.

Intensitas serangan hama tikus semakin tinggi dalam satu pekan terakhir sehingga petani dibayangi kekhawatiran gagal panen.

Atang (42), salah seorang petani dari Desa Kurnia Bakti, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, sebagian besar area persawahan di kawasan itu terserang hama tikus dan dia memprediksikan produktivitas lahan turun dibandingkan kondisi normal.

"Kembali modal saja sudah beruntung. Namun kalau kondisi ini dibiarkan dan tidak ada bantuan dari pemerintah niscaya para petani akan merugi," katanya Atang kepada INILAH.COM, Sabtu (22/1/2011).

Koordinator Petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (PPOPT) Tasikmalaya Utara Dadang Sulaeman mengatakan, pihaknya segera membasmi hama tikus melalui pengasapan dengan melibatkan para petani di daerah tersebut.

Selain pola pengasapan, lanjut Dadang, petani juga harus berupaya mengantisipasi serangan hama tikus yang lebih besar dengan pengeringan lahan secara berkala terutama pada malam hari.

Dia mengemukakan, petani harus menjaga sanitasi lahan, saluran irigasi dan membersihkan tempat-tempat yang diduga sebagai sarang tikus. [jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BANJIR RENDAM TUJUH KECAMATAN
PUTING beliung pergi, banjir datang menyongsong. Tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung tergenang air.
ASPIRASI + Indeks