Rabu, 22 Oktober 2014 | 10:10 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Shelter Bus TMB Bisa Tampung hingga 50 Penumpang

Oleh: Yatni Setianingsih
Nasional - Selasa, 8 Februari 2011 | 19:20 WIB
inilah.com

INILAH.COM, Bandung – Shelter bus Trans Metro Bandung di koridor I jurusan Cibeureum-Cibiru di sepanjang Jalan Soekarno Hatta, dipastikan membuat para calon penumpang nyaman saat menunggu bus.

Selain terbebas dari panas dan hujan saat menunggu bus, shelter permanen yang masih dalam proses pembangunan hingga empat bulan ke depan tersebut, cukup luas dengan ukuran 2x10 meter.

Di lihat dari maket bangunannnya, shelter bus TMB ini tidak kalah dengan shelter bus Trans Jakarta di DKI Jakarta, atau shelter Tran Jogja di Kota Yogyakarta.

“Shelter yang dapat menahan panas dan hujan karena berupa bentuk bangunan yang tertutup, dengan dilengkapi mesin tiket elektronik, dan dapat menampung 50 calon penumpang,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Prijo Soebiandono di sela peletakan batu pertama pembangunan shelter bus TMB di Jalan Soekarno Hatta, Selasa (8/2/2011).

Kondisi ini jauh berbeda dengan saat ini. Sejak TMB dioperasikan pada 2009 lalu, dari 32 shelter yang direncanakan baru dibuat 14 shelter sementara yang digunakan kanan-kiri Jalan Soekarno Hatta, yaitu di Bundaran Cibiru, Gedebage, Margahayu, Samsat, LPKI, Leuwipanjang, Caringin, Holis, dan Bundaran Cibeureum.

Shelter sementara tersebut hanya berupa tenda daruta ukuran 3x2 meter dilengkapi dengan kursi untuk menunggu kedatangan bus yang dijaga oleh dua petugas Perum DAMRI yang melayani pembelian tiket.

“Penumpang yang naik dan turun pun tidak melalui pintu yang sama. Shelter tersebut dilengkapi dengan dua pintu, yang berfungsi untuk pintu naik dan turun,” ujar Prijo.

Shelter permanen sendiri pada tahap pertama akan dibangun sebanyak 18 unit di kedua sisi jalan. Diperkirakan ke 18 shelter khusus bus TMB tersebut rampung pada Juni mendatang.[den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
LAGA PENENTUAN
PERSIB menjamu Persebaya di leg kedua babak delapan besar ISL. Kemenangan bakal membawa Maung Bandung ke semifinal.
ASPIRASI + Indeks