Sabtu, 26 Juli 2014 | 16:08 WIB
SERBA-SERBI

Situs Istri Prabu Siliwangi Ditemukan di Subang

Oleh: Annas Nashrullah
Serba-serbi - Kamis, 30 Juni 2011 | 15:41 WIB
Situs purbakala istri Prabu Siliwangi, Nyai Subang Larang resmi ditetapkan berada di Desa Nangerang, Kecamatan Binong, Subang. - inilah.com/Annas Nasrullah

INILAH.COM, Subang - Situs purbakala istri Prabu Siliwangi, Nyai Subang Larang resmi ditetapkan berada di Desa Nangerang, Kecamatan Binong, Subang.

Situs berupa bebatuan dan perhiasan serta sejumlah benda peninggalan Subang Larang pertama kali ditemukan pada 1979 dan 1981 di daerah Teluk Agung dan Muara Jati oleh Abah Roheman, warga setempat.

Karena usianya sepuh, Abah Roheman mengamanatkan benda nilai sejarah itu kepada putranya Jajat Sandjaya. Setelah melalui tahapan kajian dan penelitian oleh para ahli arkeologi, benda purbakala itu disimpulkan memiliki kesamaan dengan yang ada di Pakuan, Bogor.

"Situs ini memiliki nilai sejarah penting, tidak ada Cirebon kalau tidak ada Subang Larang. Batu itu, kalau saat ini Mixer yang digunakan masa lalu," ujar Luthfi Yaundri, arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung kepada INILAH.COM, Kamis (29/6/2011).

Penemuan benda bernilai sejarah itu, kata Luthfi, mengungkap dan menyambung sejarah Prabu Siliwiangi, tokoh besar masyarakat Sunda yang Raja Pajajaran. Itu juga mengungkap data baru bahwa Subang merupakan bagian dari perjalanan era prasejarah.

"Ini mempertegas, Subang pernah dilalui massa prasejarah, Subang pernah disinggahi pada masa Hindu, Budha hingga Islam pada abad sekitar 17 dan 18," paparnya.

Penemuan benda sejarah ditemukan di sebuah kebun Jati yang berjarak sekitar 2 km dari jalan raya yang menghubungkan Subang Kota dan Pamanukan Jalur Pantura.[den]

Berita Lainnya
1 Komentar
luqman @ Selasa, 13 Desember 2011 | 15:24 WIB semoga dapat dilestarikan dan dapat ditelaah sejauh mana keberadaan jejak kerajaan padjajaran di tatar sunda.
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
MACET NAGREG MENGGILA
JALUR Nagreg mulai ramai. Pemudik bermotor mendominasi jalur. Kendaraan mengular hingga 30 Km mulai dari Ciamis hingga Nagreg.
KARIKATUR + Indeks