Rabu, 22 Oktober 2014 | 04:34 WIB
SERBA-SERBI

Permainan Tradisional Dapat Tingkatkan Kreativitas

Oleh: Hanhan Husna
Serba-serbi - Kamis, 3 November 2011 | 16:20 WIB
Permainan tradisional anak diakui dapat meningkatkan kreativitas dan motorik anak. Sayangnya, banyak permainan tradisional yang sudah tidak lagi dimainkan anak-anak. - inilah.com/Yatni Setianingsih

INILAH.COM, Bandung - Permainan tradisional dapat meningkatkan kreativitas dan motorik anak. Sayangnya, banyak permainan tradisional yang sudah tidak lagi dimainkan oleh anak-anak.

Pendiri Komunitas Hong Zaini Alif mengatakan, permainan tradisional sangat bermanfaat bagi perkembangan anak. Bahkan permainan tersebut dapat membangun karakter anak sejak dini.

Dia mencontohkan permainan egrang, yang secara tidak langsung mengajarkan kepemimpinan. Karena itu dia menilai banyak permainan anak yang layak diajarkan kepada anak prasekolah. Hanya saja dia melihat sebagian guru di tingkat pendidikan anak usia dini (Paud) sudah tidak mengenal permainan tradisional.

"Saya sering lakukan pelatihan tentang permainan tradisional. Banyak guru terutama yang muda ternyata sudah tidak mengenal permainan tradisional," ujar Zaini usai menjadi pemateri pelatihan guru PAUD di Gedung Erlangga, Jalan Soekarno Hatta, Kamis (3/11/2011).

Meski begitu dia melihat antusiasme guru PAUD sangat tinggi untuk mempelajari permainan tradisional. Apalagi permainan anak itu juga bisa dijadikan sarana belajar.

"Contohnya gatrik sebenarnya mengajarkan tentang pelajaran berhitung tapi dengan cara yang menyenangkan. Saat ini pun saya sedang mencoba kembangkan permainan finger gatrik dan gatrik room, jadi anak dapat belajar dan bermain gatrik di ruangan yang tidak terlalu luas," jelas dia.[ang]

Berita Lainnya
1 Komentar
yudha.mardiansyah @ Rabu, 27 Juni 2012 | 18:40 WIB saya rasa permainantradisional ini harus di lestarikan aga tidak menghilang di kemudian hari, agar menjadi ciri khas daerah bahkan negara itu sendiri.. terima kasih
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Menanti Kabinet Jokowi
RESMI menjabat Presiden, Joko Widodo segera mengumumkan kabinetnya. Ada perubahan setelah dari PPATK dan KPK.
ASPIRASI + Indeks