Minggu, 20 April 2014 | 20:31 WIB
SERBA-SERBI

Presiden RI pun Berziarah ke Makam Dalem Cikundul

Oleh: Benny Bastiandy
Serba-serbi - Senin, 23 Juli 2012 | 08:00 WIB
Keberadaan Makam Dalem Cikundul memiliki nilai historis yang begitu tinggi. Berdasarkan catatan sejarah, Presiden RI pertama Ir Soekarno pernah berziarah ke tempat ini. - inilah.com/Benny Bastiandy

INILAH.COM, Cianjur - Keberadaan Makam Dalem Cikundul memiliki nilai historis yang begitu tinggi. Berdasarkan catatan sejarah, Presiden RI pertama Ir Soekarno pernah berziarah ke tempat ini.

Selain dikunjungi Presiden RI pertama Ir Soekarno, beberapa warga asing pun pernah berziarah ke Makam Dalem Cikundul. Berdasarkan data yang ada, sedikitnya wisatawan mancanegara dari 18 negara pernah berkunjung ke Cikundul.

"Wisatawan yang paling banyak berasal dari Brunei Darussallam sebanyak 41 orang, Malaysia dan Singapura sebanyak 23 dan 10 orang," ujar juru kunci Makam Dalem Cikundul H.M Acep Hasbulloh, beberapa waktu lalu.

Sementara peziarah domestik mayoritas berasal dari luar wilayah Kabupaten Cianjur, seperti Depok, Bekasi, Bogor, dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Barat. Bahkan, tak jarang pula peziarah yang datang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Situasi itu cukup membawa berkah bagi masyarakat sekitar untuk mencari rezeki. Selain mendirikan beberapa kios-kios untuk keperluan oleh-oleh para peziarah, masyarakat di sana pun membangun beberapa penginapan kelas melati yang dikhususkan bagi para peziarah yang berasal dari luar kota.

Makam Dalem Cikundul di Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon merupakan lokasi dimakamkannya Bupati Cianjur pertama Raden Aria Wiratanudatar. Makam ini pun disebut-sebut sebagai titi mangsa lahirnya Kabupaten Cianjur. Dan setiap peringatan Hari Jadi Cianjur pun yang jatuh setiap tanggal 12 Juli, siapapun bupatinya, dipastikan selalu berziarah terlebih dahulu.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
PATAHKAN MITOS GRESIK
DATANG ke Gresik, Persib Bandung mengusung ambisi ganda: mengakhiri rekor buruk sekaligus merebut kembali posisi puncak.
KARIKATUR + Indeks