Sabtu, 19 April 2014 | 16:26 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

APINDO Tolak Aturan Outsourcing Dalam Perbup

Oleh: Asep Mulyana
Jabar - Selasa, 25 September 2012 | 16:59 WIB
istimewa

INILAH.COM, Purwakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Purwakarta menolak klausul peraturan bupati mengenai besaran upah untuk pekerja outsourcing dua kali lipat dari Upah Minimum Kabupaten (UMK). Sebab aturan seperti itu tidak sejalan dengan UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Para pengusaha sangat keberatan dengan ketentuan itu. Apalagi keberadaan Perbup itu sama sekali belum tersosialisasi. Sehingga pemerintah setempat tidak bisa memaksakan agar klausul dengan besaran upah bagi perusahaan outsourcing dua kali lipat dari UMK,” ungkap Sekretaris APINDO Kabupaten Purwakarta Darius Krisdanu Purwana saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (25/9/2012).

Darius akan mengkordinasikan masalah ini dengan bupati dan mengklarifikasi langsung adanya klausul dalam Perbup. “Pada intinya, Perbup itu tidak sejalan dengan amanat undang-undang dan memberatkan dunia usaha,” cetus dia.

Ia menambahkan, mengenai ketidaksejalanan Perbup dengan undang-undang, pihak Apindo belum sampai kepada upaya hukum dengan membuat gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Kendati celah hukum untuk dilakukan gugatan sangat dimungkinkan.

Hanya saja dalam klausul Perbup, lanjutnya, tidak bersifat pasti karena ada alternatif jika tidak dengan besaran 2 kali lipat UMK, pengusaha bisa membayar upah lebih besar dari UMK.

Di bagian lain, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Titov Firman justru membuat pernyataan sebaliknya, perbup itu harus dilaksanakan dan instansinya akan mengawal penerapannya. Pihak perusahaan pun diminta mentaati semua klausul yang ada di dalamnya.

“Sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk mengawal pelaksanaan perbup. Sebab itu sudah menjadi payung hukum agar semua perusahaan mentaatinya,” ungkap Titov.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Jawa Barat Macet Luar Biasa
BEGINILAH wajah Jabar kala libur panjang. Kendaraan mengular, pengemudi berbalut resah. Bandung pun tak luput diserbu wisatawan.
KARIKATUR + Indeks