Senin, 21 April 2014 | 11:34 WIB
PENDIDIKAN

444 Calon Haji Cianjur Diberangkatkan

Oleh: Benny Bastiandy
Syiar - Rabu, 26 September 2012 | 16:16 WIB
antarafoto.com

INILAH.COM, Cianjur - Sebanyak 444 jemaah calon haji Kabupaten Cianjur tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 16, Rabu (26/9/2012) pagi diberangkatkan menuju Tanah Suci. Pelepasan dilakukan Asisten Daerah III Dwi Ambar Wahyuningtyas di Kompleks Kemenag Kabupaten Cianjur.

Kepala Seksi Urusan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Cianjur Hipni menyebutkan, calon jemaah haji Kabupaten Cianjur tergabung dalam beberapa kloter. Pemberangkatan pertama tergabung dalam kloter 16 terdiri dari 444 jamaah.

Selanjutnya kloter 58 sebanyak 444 orang calhaj yang rencananya akan berangkat pada 8 Oktober mendatang. Pada kloter 82 tergabung sebanyak 388 orang yang rencananya berangkat pada 17 Oktober. "Sebelum mereka berangkat terlebih dahulu telah mengikuti manasik haji, tes kesehatan, dan lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, Ambar mengatakan ibadah haji bukanlah produk budaya yang bisa dianggap sahih atas pertimbangan pandangan dan kebiasaan kebanyakan orang. Ibadah haji bukan pula sekadar raihan gelar atau rihlah (bepergian) spiritual, hanya untuk melihat aura Kabah dan jejak-jejak peninggalan para teladan sepanjang zaman.

"Ibadah haji memiliki pertanggungjawaban ukhrawi sekaligus mengemban amanah sosial. Betapa filosofi rukun Islam menempatkan ibadah haji sebagai kewajiban klimaks seorang Muslim," kata Ambar.

Ambar juga meminta agar setiap calon jamaah haji benar-benar menjaga dan berupaya meminimalisasi gangguan, baik kesehatan maupun kendala lain, baik menjelang pemberangkatan maupun selama berada di Tanah Suci.

"Kami juga meminta pula untuk selalu menjaga nama baik Cianjur pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya, yaitu dengan berbuat baik, ramah, sopan, dan penuh kekeluargaan," ujarnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
FERDINAND ON FIRE
PERSIB mengakhiri rekor buruk tak pernah menang di Gresik. Tampil sebagai tim tamu, Maung Bandung melumat Gresik United 4-1.
KARIKATUR + Indeks