Jumat, 28 November 2014 | 20:08 WIB
LINTAS JABAR

Bus Pariwisata Terguling, 18 Orang Terluka

Oleh: Dian Prima
Priangan - Minggu, 30 September 2012 | 22:35 WIB
Ilustrasi

INILAH.COM, Bogor - Kecelakaan bus di jalur puncak kembali terjadi. Kali ini terjadi di Desa Tugu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, saat bus pariwisata Star Bus Nopol B 7892 WB terguling, Minggu (30/9/2012) sekitar pukul 18.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sebanyak 18 orang mengalami luka-luka dalam peristiwa tersebut.

Keterangan yang dihimpun INILAH.COM, kejadian terjadi saat bis yang mengangkut karyawan PT Suzuki Jakarta melaju dari arah Puncak menuju Bogor. Bis melaju cukup kencang, karena tengah diberlakukan one way. Tepat diturunan tajam Desa Tugu, laju bis terlihat zig zag. Diduga bis mengalami rem blong, sehingga sopir berusaha menghentikan kendaraan dengan berjalan zig zag.

Saat tengah berusaha menghentikan kendaraan, muncul sepeda motor yang berlawanan arah. Karena kaget sopir membanting kemudi ke kanan, dan langsung menabrak pos pengamanan kafe Milenium. Sebelum menabrak pos pengamanan, bus sempat pula menyerempet beberapa tiang reklame. Selain itu, dua sepeda motor dengan nopol F 2868 HY dan F 5105 NK serta satu unit mobil pick-up nopol F 8470 WT milik Fauzi turut diserempet bis.

"Bus terlihat zigzag saat menurunkan turunan Tugu, tak lama terlihat bis mepet parit dan menyerempet tiang reklama dan motor yang ada disamping. Kayaknya sopir bus berusaha menghentikan bus yang mengalami rem blong," tutur saksi mata, Doni yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian.

Bus pun berhenti dalam kondisi miring, dan akhirnya terguling dengan posisi roda berada di kiri jalan. Warga sekitar langsung memberikan pertolongan dengan segera mengeluarkan penumpang melalui pintu bus yang sudah menghadap keatas.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Edwinsyah mengatakan, seluruh korban sudah dievakuasi ke RSGP Cisarua. "Sebagian besar korban mengalami luka akibat benturan di dalam bus sebelum kecelakaan terjadi. Pengemudi bus bernama Mulyadi (38) sudah kita amankan untuk dimintai keterangan. Dugaan sementara bus mengalami rem blong saat melintasi turunan Tugu," jelas Edwin.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
RACHMAT YASIN TAMAT
VONIS sudah jatuh. Penjara 5,5 tahun menanti Bupati Bogor non-aktif Rachmat Yasin (RY). Dia juga didenda Rp300 juta subsider kurungan tiga bulan penjara.
ASPIRASI + Indeks