Selasa, 21 Oktober 2014 | 22:09 WIB
SERBA-SERBI

Bunga Bangkai Gegerkan Warga Margajaya

Oleh: Asep Mulyana
Serba-serbi - Rabu, 10 Oktober 2012 | 16:30 WIB
Warga Kampung Margajaya RT 13/11 Kelurahan Munjul Jaya Kecamatan Purwakarta digegerkan ditemukannya bunga bangkai setinggi 50 cm dengan diameter 50 cm. - inilah.com/Asep Mulyana

INIILAH.COM, Purwakarta - Warga Kampung Margajaya RT 13/11 Kelurahan Munjul Jaya Kecamatan Purwakarta dibuat geger menyusul ditemukannya bunga bangkai setinggi kurang lebih 50 cm dan berdiameter 50 cm di kebun milik warga.

Dari keterangan yang dihimpun INILAH.COM, bunga bangkai itu pertama kali diketahui Nia Kurniati (49), sepekan lalu. Menurutnya, saat pertama kali mekar, bunga itu tak mengeluarkan aroma apapun. Dirinya pun belum sadar kalau bunga tersebut aneh.

Namun, pada hari kedua, bunga tersebut baru mengeluarkan aroma. Baunya tidak mengenakan. Seperti, bau busuk bangkai. Aroma tersebut, selalu muncul ketika pagi dan sore hari.

“Saya sempat mencari sumber bau bangkai itu. Saat saya ke kebun belakang, ternyata bau yang menyengat itu berasal dari bunga yang mirip jantung pisang dan dikerubuti lalat,” kata Nia saat ditemui INILAH.COM, Rabu (10/10/2012).

Karena aromanya itu, sambung dia, semua warga di kampung pun mengetahui keberadaan bunga aneh yang tumbuh di pekarangan rumah Nia. Tumbuhan tersebut ternyata Bungai Bangkai atau Bunga Raflesia.

Disebutkan Nia, bunga besar itu berwarna ungu tua. Diameternya sekitar 50 cm dan tingginya sekitar 30 cm. Uniknya, setiap pagi dan sore hari bunga ini mengeluarkan keringat dari mahkotanya. Rupanya, dari air seperti keringat inilah aroma tak sedap itu berasal.

Kini, bunga tersebut menyedot perhatian warga. Setiap hari, selalu saja ada yang melihat bunga ini. Selain melihat, mereka juga sengaja mengabadikan momen tersebut. Selain warga sekitar, warga dari desa lain pun turut berbondong-bondong menyaksikan bunga berukuran cukup besar ini.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Menanti Kabinet Jokowi
RESMI menjabat Presiden, Joko Widodo segera mengumumkan kabinetnya. Ada perubahan setelah dari PPATK dan KPK.
ASPIRASI + Indeks