Sabtu, 23 Agustus 2014 | 02:36 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Warga Pangandaran Tetap Ikuti Pilkada Ciamis

Oleh: Andriansyah
Jabar - Rabu, 24 Oktober 2012 | 19:24 WIB
istimewa

INILAH.COM, Pangandaran - Asisten Daerah Bidang Pemerintahan (Asda I) Pemkab Ciamis Mahmud mengatakan tidak menutup kemungkinan warga Pangandaran tetap akan ikut Pilkada Ciamis 2013 nanti.

Menurutnya, jika merujuk kepada logika hukum, memang benar ketika suatu daerah sudah resmi berpisah dari kabupaten induk, maka segala urusan pemerintahan pun secara otomatis sudah berpisah pula.

"Di kabupaten baru kan sudah memiliki pemerintahan sendiri, jadi pemerintah barulah yang mempunyai kewenangannya," ujarnya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (24/10/2012).

“Tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat Pangandaran bakal ikut dalam pilkada 2013 nanti. Namun kita pun harus melihat dulu aturannya seperti apa. Karena Undang-undang pembentukan Kabupaten Pangandaran-nya pun belum disahkan. Kita lihat saja nanti setelah Undang-undang tersebut disahkan, apakah wilayah Kabupaten Pangandaran masih ikut pelaksanaan Pilkada Ciamis 2013 atau tidak? Kita belum bisa menjawab lebih rinci soal ini, karena Undang-undang-nya pun belum disahkan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Ciamis Asep Roni mengatakan, untuk menjawab apakah wilayah Pangandaran nanti masih ikut Pilkada Bupati Ciamis atau tidak, tinggal lihat saja nanti bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh pejabat Bupati seperti apa.

Apabila bentuk pemerintahannya bersifat administratif, lanjut Asep, maka jawabannya masih mengikuti Pilkada Bupati Ciamis. Sedangkan apabila bentuk pemerintahannya langsung definitif, dimana sudah langsung terbentuk DPRD-nya, maka tidak mengikuti Pilkada Bupati Ciamis.

“Yang saya tahu, DPRD Pangandaran akan dibentuk pada 2015 setelah pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2014. Itu artinya, selama 2013 sampai 2014, bentuk pemerintahan di sana (pangandaran) hanyalah sebatas administratif. Jika kondisinya seperti itu, berarti masyarakat di wilayah Pangandaran masih mengikuti pelaksanaan Pilkada Bupati Ciamis,“ katanya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
LAGA PENENTU
PERSIB akan mengakhiri laga kandang di babak penyisihan grup wilayah barat ISL, Minggu (24/8). Di Stadion si Jalak Harupat, Maung Bandung menjamu Persik Kediri.
KARIKATUR + Indeks