Sabtu, 22 November 2014 | 20:47 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Mutasi Guru di Bogor Diduga Langgar Permendiknas

Oleh: Dian Prima
Jabar - Rabu, 31 Oktober 2012 | 16:56 WIB
ilustrasi

INILAH.COM, Bogor - Kontroversi mutasi kepsek menjadi guru di Kota Bogor terus bergulir. Nada-nada sumbang terus bergulir menyoroti mutasi di lingkungan dunia pendidikan Kota Bogor. Termasuk dugaan adanya pelanggaran terhadap aturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 28 Tahun 2010.

Pelanggaran dimaksud adalah adanya kepala sekolah yang baru diangkat, yang tidak memenuhi syarat sebagaimana diamanatkan dalam Permendiknas.

Dalam Permendiknas No 28 Tahun 2010 disebutkan guru yang mendapat penugasan sebagai kepala sekolah diwajibkan memiliki sertifikat kepala sekolah/madrasah pada jenis dan jenjang yang sesuai dengan pengalamannya sebagai pendidik yang diterbitkan oleh lembaga yang ditunjuk dan ditetapkan Direktur Jenderal.

Selain itu, guru yang telah lulus seleksi calon kepala sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 Permendiknas No 28 Tahun 2010, harus mengikuti program pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah/madrasah di lembaga terakreditasi, selama 100 hari dan praktik pengalaman lapangan, minimal 3 bulan.

"Kalau melihat personal yang dilantik sebagai kepala sekolah beberapa waktu lalu, terlihat beberapa sosok yang belum waktunya menjadi kepala sekolah, karena tidak memiliki persyaratan sebagaimana diamanatkan permendiknas. Jadi jelas ini suatu bentuk pelanggaran," ujar mantan kepala sekolah SMAN 1 Agus Suherman yang kini dimutasi menjadi guru di SMAN 6 Kota Bogor kepada wartawan, Rabu (31/10/2012).

Jadi sangat mengherankan bila disebutkan mutasi ini sudah sesuai dengan aturan yang diamanatkan Permendiknas. Secara yuridis, memang bisa saja dari kepala sekolah menjadi guru biasa kembali, tetapi bagaimana dengan aturan yang ada di Pasal 5 tadi.

"Itu yang harus menjadi catatan, bahwa dalam mutasi ini diduga ada pelanggaran," ujarnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
UJIAN PERTAMA MERAH-PUTIH
PERJUANGAN Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2014 dimulai, Sabtu (22/11) petang WIB. Tuan rumah Vietnam jadi tantangan pertama skuat Merah-Putih.
ASPIRASI + Indeks