Selasa, 23 September 2014 | 03:16 WIB

Polrestabes Bandung Bekuk 20 Tersangka Curanmor

Oleh: Ahmad Sayuti AK
Kriminalitas - Rabu, 7 November 2012 | 12:57 WIB
inilah.com/Ahmad Sayuti AK

INILAH.COM, Bandung - Jajaran Satreskrim Polrestabes Bandung berhasil menjaring 20 tersangka dari 16 kasus curanmor selama periode minggu terakhir Oktober 2012. Dua diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran hendak melarikan diri saat hendak ditangkap.

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Wijonarko mengatakan, pihaknya berhasil menangkap tersangka dibeberapa wilayah. Yaitu daerah Sukajadi, Andir, Bandung Kulon, Sumur Bandung, Coblong, Kiaracondong, dan Arcamanik.

"Kita berhasil mengamankan 20 tersangka dari 16 kasus dan dua diantaranya terpaksa dilumpuhkan dikaki karena sempat melawan dan berusaha melarikan diri. Padahal kita sudah memberikan tembakan peringatan," ujar Wijonarko kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa Kota Badnung, Kamis (7/11/2012).

Ia mengungkapkan, modus yang dilakukan para tersangka, yakni dengan mengambil motor yang diparkir dirumah, kantor, dan pusat perbelanjaan dengan kunci astag atau leter t ketika pemilik lengah dan tidak memberikan kunci tambahan atau ganda pada kendaraanya. Bahkan mereka tak segan-segan melukai korbannya jika melawan dengan menggunakan senjata tajam.

"Barang bukti yang kami amankan berupa 15 unit kendaraan roda dua, empat buah kunci astag, dan sebuah kunci leter T," ucapnya.

Lebih lanjut Wijonarko menjelaskan ada beberapa wilayah rawan akan kasus curanmor di wilayah kota Bandung seperti didaerah Sumur Bandung, Coblong, Kircon, Bandung Wetan dan Lengkong.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan juga memberi kunci ganda pada kendaraan serta jangan memarkir kendaaraan di tempat sepi guna mengantisipasi aksi curanmor,"tutupnya

Ia menyebutkan, para tersangka dijerat pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman diatas lima tahun penjara.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Gagal Panen Hantui Petani
KEMARAU memang belum lama, namun kekeringan sudah melanda Jabar. Di Kabupaten Bandung Barat (KBB), puluhan hektare sawah gagal panen.
ASPIRASI + Indeks