Sabtu, 26 Juli 2014 | 03:34 WIB
LINGKAR BANDUNG

KPU KBB: Dua Parpol Tak Miliki Kantor Sekretariat

Oleh: Doni Ramdhani
Bandung raya - Minggu, 11 November 2012 | 23:20 WIB

INILAH.COM, Bandung - Sejauh ini, dalam verifikasi faktual partai politik (parpol) yang dilakukan KPU KBB mendapatkan satu temuan. Yakni, dari 16 parpol yang lolos di tingkat pusat untuk mengikuti Pileg 2014 itu dua di antaranya tak memiliki kantor sekretariat.

Komisioner KPU KBB Bidang Kelembagaan dan Data Sarif Hidayat mengatakan, kedua parpol itu yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB).

"Mungkin kantor mereka pindah tapi belum melapor ke kami. Makanya kami akan telusuri. Kalaupun tidak ada, kami tidak bisa memutuskan apa-apa dan hanya bisa memberikan catatan temuan di lapangan ke KPU pusat," kata Sarif, Sabtu (10/11/2012).

Untuk itu, pihaknya berusaha mencari tahu dimana sekretariat kedua parpol itu hingga Rabu (14/11/2012) saat dimana verifikasi faktual itu berakhir. Lalu, kata dia, pada sebelum 26 November itu pihaknya menyerahkan terkait hasil verifikasi ke KPU pusat.

Dikatakannya, bersama Panwaslu itu KPU KBB melakukan verifikasi faktual sekretariat dan kepengurusan partai politik di KBB. "Sampai Sabtu ini sudah ada lima parpol yang kami datangai untuk melakukan verifikasi kepengurusan dan alamat sekretariat mereka," jelas Sarif.

Menurutnya, lima parpol yang sudah dilakukan verifikasi faktual adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Nasdem.

Hal yang menjadi poin utama dalam verifikasi ini adalah kepengurusan partai yang mencakup ketua, sekretaris, dan bendahara. Termasuk, keterwakilan gender perempuan 30% dalam kepengurusan.

"Khusus untuk verifikasi di PKS ini semua data yang kami tanyakan lengkap dan sesuai dengan dokumen yang ada pada kami termasuk alamat kantor sekretariat. Tadi surat pernyataan keterwakilan 30% perempuan sempat terlambat di-print. Namun, sekitar setengah jam itu bisa disiapkan," pungkasnya.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
MACET NAGREG MENGGILA
JALUR Nagreg mulai ramai. Pemudik bermotor mendominasi jalur. Kendaraan mengular hingga 30 Km mulai dari Ciamis hingga Nagreg.
KARIKATUR + Indeks