Sabtu, 1 November 2014 | 04:20 WIB
LINTAS JABAR

Warga Kesal Disnaker Tutup Karena Demo Buruh

Oleh: Asep Mulyana
Pantura - Rabu, 14 November 2012 | 13:09 WIB

INILAH.COM, Purwakarta – Pelayanan di Kantor Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Kabupaten Purwakarta lumpuh. Instansi tersebut sering dijadikan titik kumpul ribuan buruh yang mengawal rapat Depekab bersama Disnakersostrans untuk membahas UMK 2013.

Dinas tersebut sejak tiga hari yang lalu menutup sementara pelayanan yang diantaranya pembuatan kartu kuning. Kondisi tersebut s membuat sejumlah orang mengeluh. Apalagi, kartu kuning sangat dibutuhkan lantaran menjadi salah satu syarat melamar kerja.

Mila Farida (23), warga Kecamatan Wanayasa misalnya. Dirinya mengaku kecewa lantaran pelayana kartu kuning di Disnaker ditutup sementara. Padahal, dirinya sengaja menempuh jarak sekitar 15 KM dari rumahnya untuk sekadar membuat kartu kuning. Dia pun mengaku belum mengetahui secara pasti perihal tutupnya pelayanan di kantor tersebut.

“Ya pastinya sangat kecewa. Apalagi saya sudah jauh-jauh datang ke sini (Disnaker), eh yang ditujunya tutup,”cetusnya dengan nada kesal, Rabu (14/11).

Diakui Mila, padahal kartu kuning itu sangat dia butuhkan mengingat tak lama lagi dirinya akan melamar pekerjaan. Jika Disnakersostrans tutup, sambung dia, berarti dirinya harus membuat kartu kuning pada Senin depan. Pasalnya, besok sudah mulai libur panjang.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Titov Firman, belum bisa dikonfirmasi terkait ditutupnya pelayanan di instansinya.

Sementara hingga siang ini ribuan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Purwakarta masih melakukan aksi unjuk rasa. Aksi yang dilakukan ini sebagai bentuk kekesalan lantaran hasil rapat Depekab dan Disnakersostran setempat tak sesuai dengan keinginan buruh.

Selain itu, meminta bupati tidak menandatangani hasil keputusan rapat Depekab.

Dari pantauan INILAH.COM, dengan mengendarai kendaraan roda dua dan empat bahkan tak sedikit yang rela berjalan kaki, para buruh memulai aksinya pukul 09.00 WIB di Kawasan Bukit Indah (KBI).

Mereka langsung berkonvoi, di mana awalnya akan menggerudug Kantor Disnakersotrans. Namun, karena instasi tersebut tutup, para buruh lansung melanjutkan aksinya menuju kantor pemkab.

Akibat dari aksi ini, Jalur Purwkarta-Cikampek macet total. Sebab, para buruh melakukan aksinya dengan menggunakan seluruh badan jalan. Sontak saja, petugas kepolisian dibuat sibuk mengatur lalulintas.

Bahkan, kendaraan yang hendak ke arah Cikampek harus balik arah menuju Gerban Tol Jatiluhur. Begitu juga sebaliknya, kendaraan yang dari arah Cikampek menuju Purwakarta harus mencari jalan alternatf lain. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
KOALISI JOKOWI TERBELAH
MAKIN runcing saja kisruh di tubuh DPR. Kubu KIH tetap menggelar rapat paripurna perdana DPR tandingan. Namun Pramono Anung tak mau hadir.
ASPIRASI + Indeks