Sabtu, 19 April 2014 | 16:26 WIB
LINTAS JABAR

Petani Diimbau Waspadai Hama Tikus

Oleh: Benny Bastiandy
Pakuan - Kamis, 15 November 2012 | 18:14 WIB
wordpress.com

INILAH.COM, Cianjur - Hama tikus diwaspadai bakal menyerang tanaman padi bersamaan memasukinya musim tanam kali ini. Tikus merupakan satu di antara organisme pengganggu tanaman (OPT) yang kerap ditakuti petani.

Kepala Bidang Pertanian Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur Entis Sutisna mengatakan hama tikus merupakan salah satu OPT yang paling harus diwaspadai para petani. Karena itu, para petani diimbau mewaspadai hama tikus mulai memasukinya tanam rendeng secara serempak.

"Kewaspadaan ini untuk mengantisipasi ganasnya serangan karena bisa mengakibatkan gagal panen," ujarnya.

Dengan dimulainya masa tanam pada November, maka seluruh wilayah sudah mengakhiri masa tanam (tutup tanam) pada Desember 2012. Dengan demikian, saat musim banjir yang biasanya terjadi pada Januari-Februari, tanaman padi sudah memiliki akar yang kuat dan ukuran yang cukup tinggi.

"Jika kondisinya sudah seperti ini, maka tanaman padi bisa selamat dari banjir," katanya.

Tak hanya itu, dengan percepatan musim tanam, maka tanaman padi diharapkan sudah memasuki masa panen pada Maret-April 2013. Setelah itu, petani bisa langsung memulai musim tanam 2013 untuk menghindari kekeringan.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Jawa Barat Macet Luar Biasa
BEGINILAH wajah Jabar kala libur panjang. Kendaraan mengular, pengemudi berbalut resah. Bandung pun tak luput diserbu wisatawan.
KARIKATUR + Indeks