Kamis, 27 November 2014 | 16:18 WIB
LINTAS JABAR

Bencana Alam Terjang 10 Kecamatan di Kab Sukabumi

Oleh: Budiyanto
Pakuan - Senin, 19 November 2012 | 16:14 WIB
inilah.com

INILAH.COM, Sukabumi - Sedikitnya sejumlah daerah di 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Sukabumi dilaporkan diterjang bencana alam setelah hujan mengguyur sejak Minggu (18/11/2012) siang hingga malam. Bencana alam yang menerjang mayoritas tanah longsor.

Sampai saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih melakukan pendataan dan verifikasi ke seluruh lokasi. Untuk sementara dalam bencana tersebut tidak dilaporkan adanya korban jiwa. Hanya terdapat seorang warga mengalami luka akibat terjepit.

Ke-10 kecamatan yang terkena bencana tanah longsor, di antaranya Caringin, Kalapanunggal, Sukabumi, Kadudampit, Cisaat, Kabandungan, Cisolok, Pabuaran, dan Parungkuda. Untuk sementera bencana yang terparah dialami di Kecamatan Caringin.

"Di Kecamatan Caringin terdapat empat rumah yang rusak terkena tanah longsor dan satu rumah terancam. Juga ada warga yang menderita luka akibat terjepit tembok saat terjadi tanah longsor menimpa rumahnya," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Susilo kepada INILAH, Senin (19/11/2012).

Menurut Usman, lima keluarga korban tanah longsor telah diungsikan ke rumah tetangga atau keluarganya yang lebih aman. Juga pihak BPBD Kabupaten Sukabumi telah menyalurkan bantuan sebagai tahap tanggap darurat berupa makanan.

"BPBD juga akan menyalurkan bantuan ke sembilan kecamatan lainnya yang diterjang tanah longsor. Bantuan tersebut terutama makanan yan sangat dibutuhkan para korban bencana alam," ujarnya.

Selain bencana tanah longsor, lanjut Usman, di wilayah Kecamatan Cisolok terdapat banjir, namun pihaknya bersama aparat kecamatan setempat masih melakukan pendataan dan verifikasi. "Kami saat ini sedang menyebar ke sejumlah lokasi bencana untuk melakukan pendataan bersama aparat kecamatan setempat," imbuh Usman.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
ORBA BANGKIT LAGI
PEMERINTAH melarang Munas Partai Golkar IX di Bali. Sikap itu menuai reaksi. Orde Baru bangkit lagi?
ASPIRASI + Indeks