Selasa, 21 Oktober 2014 | 07:31 WIB
LINTAS JABAR

Dinas PSDAP Cianjur Antisipasi Kerusakan Irigasi

Oleh: Benny Bastiandy
Pakuan - Selasa, 20 November 2012 | 17:27 WIB
Irigasi rusak - blogspot.com

INILAH.COM, Cianjur - Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Pertambangan (PSDAP) Kabupaten Cianjur mulai mengantisipasi tingginya curah hujan saat ini yang akan berimbas terhadap kerusakan irigasi.

Hingga saat ini, sejumlah wilayah desa dan kecamatan sudah melaporkan adanya kerusakan tanggul irigasi teknis dan irigasi desa.

Sekretaris Dinas PSDAP Kabupaten Cianjur Ferni Dwi Martiani membenarkan adanya laporan kerusakan sejumlah irigasi teknis dan irigasi desa di sejumlah wilayah bersamaan tingginya curah hujan saat ini. Namun Ferni tidak mengetahui persis berapa jumlah bangunan tanggul irigasi yang rusak akibat tergerus air.

"Datanya ada di Bagian Pembangunan. Kebetulan saat ini di Bagian Pembangunan sedang turun ke lapangan. Tapi ada beberapa laporan kerusakan irigasi. Kita sudah melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," kata Ferni kepada INILAH, Selasa (20/11/2012).

Menurut Ferni, antisipasi tingginya curah hujan saat ini memang mulai diintensifkan. Dinas PSDAP Kabupaten Cianjur akan mengoptimalkan 7 unit Balai PSDAP yang masing-masing tersebar di Kecamatan Cianjur, Cibeber, Ciranjang, Cikalongkulon, Sukanagara, Pagelaran, dan Cidaun.

"Nantinya balai di 7 kecamatan ini memantau langsung ke lapangan," tuturnya.

Ferni menyebutkan pengelolaan irigasi yang merupakan kewenangan Pemkab Cianjur tercatat berjumlah sebanyak 15 unit daerah irigasi (DI) serta ratusan irigasi desa. Sayangnya, anggaran operasional dan pemeliharaan selalu minim.

"Anggaran pemeliharaan ada, tapi relatif kecil nilainya. Kalau irigasi itu tidak hanya membutuhkan dana pemeliharaan saja, tapi juga dana operasional, seperti buka tutup pintu air dan bendungan," pungkasnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Pesan Aher untuk Jokowi
Hari ini, MPR melantik Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pun punya harapan terhadap pemerintahan baru mendatang.
ASPIRASI + Indeks