Sabtu, 20 Desember 2014 | 01:09 WIB
LINTAS JABAR

Harga Tomat di Kalangan Petani, Terjun Bebas

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Senin, 26 November 2012 | 19:22 WIB
inilah.com\Nul Zainulmukhtar

INILAH.COM, Garut - Para petani tomat d sejumlah sentra sayuran di Kabupaten Garut menjerit, menyusul anjloknya harga komoditas tomat dalam dua puluh hari terakhir ini. Harga tomat di petani saat ini hanya berkisar Rp400 sampai Rp600 perkilogram.

Sebelumnya, harga tomat di petani mencapai sekitar Rp3.000 per kilogram. "Sayuran lain juga harganya mulai mengalami penurunan, seperti kol turun Rp2.000 per kilogram, dari harga sebelumnya Rp4.000 perkilogram," kata Syarif (57), petani di Kampung Cibitung Desa Barusuda Kecamatan Cigedug, Senin (26/11/2012).

Menurutnya, sayuran yang harganya tidak beranjak saat ini yakni wortel. Harganya dari tangan petani, mencapai sekitar Rp5.000 per kilogram. Sedangkan di pasar-pasar tradisional, harganya berkisar Rp8.000 hingga Rp10.000 perkilogram.

"Tapi kemungkinan sebulan lagi juga harga wortel turun. Begitu pun dengan harga sayuran lainnya," kata Syarif.

Hal senada dikatakan petani warga Kampung Areng Desa/Kecamatan Cigedug, Agus Yuswana (34). Dia menyebutkan, harga tomat turun drastis dibandingkan sebelumnya karena memasuki musim hujan serta melimpahnya komoditas buah-buahan yang 'merajai' pasar.

"Kalau sayuran di kita memang seperti ini. Nggak pernah stabil. Apalagi sekarang musim hujan, harganya biasanya memang turun," ujar Agus.

Menurutnya, penurunan harga tomat terjadi merata di setiap daerah penghasil sayuran di Kabupaten Garut. Seperti Cikajang, Cisurupan, Pasirwangi, dan Samarang. Agus mengaku, biasa mengirimkan tomat ke pasar-pasar induk di kota -kota besar seperti Bandung, Bekasi, dan Jakarta.

"Biasanya tomat kita kirim dalam satu kali pengiriman sekitar 6 ton. Tapi kalau harganya turun seperti sekarang, terpaksa kita paksakan sampai 7 ton untuk menutupi ongkos kirim," terangnya.

Tomat-tomat dikirimnya tidak lagi dipilah berdasarkan jenis tomat super atau biasa karena harganya tak jauh berbeda. Sedangkan bila harganya sedang bagus, pengiriman tomat biasanya dilakukan setelah disortir dan dipilih berdasarkan jenisnya.[ang] (zainul)

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BANJIR RENDAM TUJUH KECAMATAN
PUTING beliung pergi, banjir datang menyongsong. Tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung tergenang air.
ASPIRASI + Indeks