Jumat, 19 Desember 2014 | 04:37 WIB
LINTAS JABAR

Polres Sumedang Seleksi Pengawal Calon Bupati

Oleh: Vera Suciati
Priangan - Kamis, 29 November 2012 | 15:40 WIB
istimewa

INILAH.COM, Sumedang - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan ditetapkan KPU menjadi calon bupati pada 17 Desember 2012, akan mendapatkan pengawalan pribadi dari kepolisian. Untuk menyediakan pengawal terbaiknya, Polres Sumedang sedang menyeleksi dan melatih 18 anggota polisi.

Setelah penetapan calon bupati dan wakil bupati oleh KPU, pasangan calon berhak mendapat pengawalan dari polisi. Setiap satu orang bupati dan wakil bupati mendapat pengawalan anggota polisi.

Untuk menjadi pengawal para calon bupati ini, bintara polisi mendapat pelatihan khusus dan saat ini sedang mengikuti psikotes di Polda Jabar. Ada 18 anggota polisi, tiga orang diantaranya polisi wanita (Polwan).

“Mereka sekarang sedang ikut psikotes di Polda Jabar,” kata Kabag Ops Kompol Indra Hermawan, Kamis (29/11/2012).

Anggota polisi yang akan menjadi pengawal calon bupati itu diseleksi dan harus mahir mengemudi. “Mereka juga harus mahir mengemudi kendaraan dan dilatih mengemudi dengan menggunakan halang rintang,” kata Indra.

Pengawalan ini melekat dan setiap hari harus mengawal para calon. Bahkan ada yang harus mengawal sampai menjadi bupati terpilih dan dilantik.

“Untuk menjadi pengawal, harus mampu melayani dan mempunyai intelejensi serta sigap. Jadi untuk menjadi pengawal para calon bupati ini ada seleksi,” katanya.

Polisi juga menyiapkan pengawalan kendaraan dengan melibatkan polisi lalu lintas. “Tapi sifatnya on call, jika calon itu butuh pengawal kendaraan voorrijder maka siap diterjunkan,” kata Indra.

Ia mengatakan jika calon butuh pengawal kendaraan saat ke kantor KPU atau mau kampanye maka bisa menghubungi polisi untuk pengawalan.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
PUTING BELIUNG KEPUNG BANDUNG
PUTING beliung menerjang kawasan Bandung Timur. Puluhan rumah rusak, jalanan macet. Seorang nenek, tewas tertimpa bangunan.
ASPIRASI + Indeks