Selasa, 29 Juli 2014 | 09:34 WIB
LINGKAR BANDUNG

Air Lindi TPA Sarimukti Cemari Sungai Cipicung

Oleh: Doni Ramdhani
Bandung raya - Rabu, 5 Desember 2012 | 16:04 WIB
inilah.com/Dani R Nugraha

INILAH.COM, Sarimukti - Limbah cair yang dihasilkan oleh Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah atau air lindi kini mulai mencemari Sungai Cipicung yang berada di kawasan TPA Sarimukti Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Tokoh masyarakat Desa Sarimukti Nana Rochana mengatakan pencemaran itu sudah terlihat dengan mata telanjang. "Lihat saja sekarang. Di Cipicung itu sekarang airnya sudah bau dan berbusa," kata Nana saat ditemui di kantor Desa Sarimukti, Rabu (5/12/2012).

Menurutnya, pencemaran itu pun terlihat dari batu di sungai tersebut terasa berlendir. Kondisi itu terjadi sejak TPA Sarimukti aktif dioperasikan sejak 2006 lalu.

Ujungnya, dia mengatakan ada tiga kampung kesulitan air bersih. Ketiga kampung itu yakni Cipicung Tangah, Cipicung Hilir, dan Cinagrog. "Imbas dari adanya sampah itu warga RW 2, 12, dan 13 kesulitan air. Kira-kira terhitung sebanyak 210 KK," tambahnya.

Pada musim kemarau lalu, Nana menyebutkan hampir setiap hari di desanya dipasok air bersih. Atas kebijakan camat setempat, warga dipasok air bersih sebanyak dua truk tanki dari Kota Cimahi.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
MACET NAGREG MENGGILA
JALUR Nagreg mulai ramai. Pemudik bermotor mendominasi jalur. Kendaraan mengular hingga 30 Km mulai dari Ciamis hingga Nagreg.
KARIKATUR + Indeks