Senin, 21 April 2014 | 14:30 WIB
EKONOMI

Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah Jabar Dilantik

Oleh: Astri Agustina
Ekonomi - Minggu, 9 Desember 2012 | 11:41 WIB
ilustrasi

INILAH, Bandung - Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat periode 1433-1436 Hijriyah secara resmi dikukuhkan Sekjen DPP MES Muhammad Syakir Sula, Minggu (9/12/2012).

Bertempat di Gedung Bank Indonesia, keabsahan lembaga ini mengokohkan tekad segenap elemen masyarakat ekonomi syariah Jawa Barat untuk merealisasikan program-programnya. Sesuai dengan visi dan misi MES 2020 yang tertuang dalam Roadmap Ekonomi Syariah Indonesia.

Ketua Umum MES Jabar Zaenal Aripin mengatakan visi MES adalah mengupayakan penerapan sistem ekonomi syariah dalam sistem ekonomi Indonesia. Sedangkan misinya yakni menciptakan lingkungan kondusif bagi penerapan prinsip syariah Islam pada sistem dan kegiatan ekonomi di Indonesia.

"Sasaran program tersebut tertuju pada lima bidang strategis meliputi sumber daya insani (SDI), regulasi, institusi, supervisi serta teknologi," ujar Zaenal di Gedung Bank Indonesia, Minggu (9/12/2012).

Tahapannya dibagi ke dalam tiga tahap secara berkesinambungan, yakni membangun landasan bagi sistem ekonomi syariah pada 2010-2013, memperkokoh sistem ekonomi syariah pada 2014-2016 dan mentransformasi sistem ekonomi syariah pada 2017-2019.

Dalam upaya membumikan sistem ekonomi syariah di Tatar Pasundan, MES Jabar periode 1433-1436 H, mencanangkan serangkaian program dengan target prioritas kepada lima sektor strategis tadi. Untuk bidang pengembangan SDI, program kerja dikemas berupa seminar/training dan workshop bagi masyarakat umum, dosen, dai, guru, notaris, pengusaha, dan wartawan.

Topik-topik yang akan diusung dalam program kerja ini meliputi bidang ekonomi syariah terdiri bidang perbankan syariah, asuransi syariah, multifinance dan pasar modal syariah, termasuk etika bisnis syariah. "Untuk pengembangan kapasitas program studi atau muatan mata pelajaran ekonomi syariah, MES Jabar akan menggalang komunikasi dengan dinas terkait, perguruan tinggi hingga seluruh lembaga pendidikan menengah di Jawa Barat," jelasnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
FERDINAND ON FIRE
PERSIB mengakhiri rekor buruk tak pernah menang di Gresik. Tampil sebagai tim tamu, Maung Bandung melumat Gresik United 4-1.
KARIKATUR + Indeks