Kamis, 24 Juli 2014 | 23:57 WIB
LINTAS JABAR

318 Tabung Pemadam Api Disebar ke Pasar di Cianjur

Oleh: Benny Bastiandy
Pakuan - Jumat, 14 Desember 2012 | 11:51 WIB
inilah.com

INILAH, Cianjur - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur memberikan bantuan sebanyak 318 tabung pemadam kebakaran yang disebar ke 10 pasar tradisional di Kabupaten Cianjur. Tujuannya, sebagai upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Kepala Disperindag Cianjur Himam Haris mengatakan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, setidaknya sudah terjadi tiga kali kebakaran pasar tradisional, yakni Pasar Cipanas (2007), Pasar Warungkondang (2010), dan Pasar Cibeber (2012). Kerap menyebar cepatnya api disinyalir karena di setiap pasar tradisional minim sarana dan prasarana penanggulangannya.

"Ke depan kami tidak ingin terulang lagi kejadian kebakaran di pasar-pasar tradisional. Untuk itu, sebagai upaya antisipasi kami memberikan tabung pemadam kebakaran di setiap pasar tradisional," kata Himam.

Himam menjelaskan, tabung gas pemadam kebakaran yang diberikan ke setiap pasar tradisional terbilang modern. Tabungnya tidak seperti model terdahulu dengan ukuran besar, namun hanya berukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa, lebih mirip granat nanas.

"Tabung itu berfungsi sebagai pendingin suhu. Jika nanti terjadi gejala kebakaran, secara otomatis tabung gas akan meledak. Dengan sendirinya memadamkan api dan mendinginkan suhu, sehingga kebakaran dalam skala besar bisa diantisipasi sejak dini," katanya.

Menurut Himam, tabung-tabung gas pemadam kebakaran itu akan dipasang di panel-panel pasar. Setiap pasar tradisional akan dipasang sebanyak 20 unit tabung gas pemadam kebakaran.

"Tidak hanya pasar tradisional dengan kapasitas besar yang kami pasang tabung gas itu, tapi juga pasar-pasar berskala kecil seperti di Kecamatan Cidaun dan Sindangbarang," tukasnya.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Cianjur Irvan Rivano Muchtar yang saat ini sebagai ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Cianjur mengagas hal ini melalui dana aspirasi melalui Disperindang Kabupaten Cianjur. "Alokasi anggaran pembelian tabung gas pemadam kebakaran ini sekitar Rp450juta," sebutnya.

Menurutnya, saat dirinya duduk sebagai anggota Dewan, terjadi dua kejadian kebakaran pasar tradisional. Atas dasar itu, dia mengajukan alokasi pembelian tabung gas pemadam kebakaran melalui dana aspirasi. "Saat itu Disperindag mengajukan ke pemkab dan DPRD Kabupaten Cianjur untuk pembelian tabung gas. Berhubung saat itu alokasi dana terbatas, maka saya saat menjadi wakil rakyat memberikan dana aspirasi," katanya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
MACET NAGREG MENGGILA
JALUR Nagreg mulai ramai. Pemudik bermotor mendominasi jalur. Kendaraan mengular hingga 30 Km mulai dari Ciamis hingga Nagreg.
KARIKATUR + Indeks