Sabtu, 29 November 2014 | 16:35 WIB
PENDIDIKAN

Tutor PAUD Harus Bijak Pilih Permainan Edukasi

Oleh: Dian Prima
Umum - Minggu, 16 Desember 2012 | 13:23 WIB
ilustrasi - blogspot.com

INILAH, Bogor - Para tutor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus bijak dalam memilih alat permainan edukasi (APE). Pasalnya, siswa PAUD itu melakukan pembelajaran melalui mainan yang memiliki nilai edukasi.

"Untuk meningkatkan kualitas siswa PAUD, APE yang digunakan harus memiliki nilai edukasi. Itu menjadi tugas tutor PAUD dalam memilih dan menentukan APE yang akan digunakan ketika mengajar di PAUD," jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor Ipendi Suhendri, Minggu (16/12/2012).

Ipendi meminta para tutor harus bisa memilih APE yang benar-benar menunjang perkembangan anak yang tengah belajar di PAUD. Dengan APE yang tepat maka perkembangan anak dapat optimal sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya.

Ipendi mengatakan sebagai pendidik para tutor harus bijak dalam memilih dan menentukan APE karena tidak semua alat yang harganya mahal dan modern bersifat mendidik.

“Makanya, para tutor dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan APE. Banyak bahan untuk membuat APE bisa diambil di lingkungan sekitar, asalkan aman dan menarik minat,“ tuturnya.

Ipendi memaparkan banyak manfaat dari permainan edukatif dalam mendidik anak usia dini. Dengan APE melatih kemampuan motorik, melatih konsentrasi, mengenalkan konsep sebab akibat, melatih bahasa dan wawasan, dan mengenalkan warna dan bentuk.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
RACHMAT YASIN TAMAT
VONIS sudah jatuh. Penjara 5,5 tahun menanti Bupati Bogor non-aktif Rachmat Yasin (RY). Dia juga didenda Rp300 juta subsider kurungan tiga bulan penjara.
ASPIRASI + Indeks