Sabtu, 20 Desember 2014 | 10:35 WIB
LINTAS JABAR

Jembatan di Cisolok Sudah Bisa Dilintasi Lagi

Oleh: Budiyanto
Pakuan - Minggu, 16 Desember 2012 | 20:58 WIB
ilustrasi - inilah.com/Benny Bastiandy

INILAH, Sukabumi - Setelah ambruk sejak enam hari lalu, akhirnya jembatan Sungai Cikahuripan di Desa Cikahuripan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, sejak Minggu (16/12/2012) kembali dapat dilintasi kendaraan bermotor.

Jembatan penghubung antara Provinsi Jawa Barat dengan Banten di wilayah pesisir pantai selatan Sukabumi itu rusak setelah diterjang banjir bandang pada Senin (10/12/2012) lalu.

"Alhamdulillah jembatan Cikahuripan dapat kembali dilintasi, setelah kemarin dilakukan perbaikan oleh pemerintah, TNI, dan dibantu masyarakat secara bergotong royong," kata Kepala Desa Cikahuripan Aji Troy kepada wartawan, Minggu (16/12/2012).

Menurut Troy, setelah dinyatakan jembatan aman, akhirnya sejak Sabtu malam berbagai jenis kendaraan dapat melintasi. Namun setiap kendaraan yang melintas masih perlu hati-hati karena jembatan belum kembali normal seperti semula.

"Jembatan yang putus memang tidak seluruhnya, hanya bagian tanggul penyangga di daratan hingga penyangga pertama di sungai. Perbaikan dilakukan dengan cara menimbun tanggul yang rusak dengan batu juga memasang bronjong," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, bencana alam yang menerjang Kecamatan Cisolok Sukabumi, Senin (10/12/2012), selain menimbun sejumlah penambang di lokasi penambangan Gunung Buleud Kampung Cibongbong juga menghancurkan beberapa jembatan. Salah satunya jembatan Sungai Cikahuripan di ruas jalan nasional yang menghubungkan antara Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat dengan Kecamatan Bayah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Akibatnya, kini sarana transportasi antara kedua daerah terputus.

"Satu jembatan di ruas jalan nasional hancur diterjang banjir bandang. Akibatnya sarana transportasi terputus total," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo kepada INILAH, Selasa (11/12/2012).[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BANJIR RENDAM TUJUH KECAMATAN
PUTING beliung pergi, banjir datang menyongsong. Tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung tergenang air.
ASPIRASI + Indeks