Senin, 21 April 2014 | 04:39 WIB
LINGKAR BANDUNG

Rusunawa Baleendah Diutamakan untuk Korban Banjir

Oleh: Yogo Triastopo
Bandung raya - Jumat, 4 Januari 2013 | 17:44 WIB
ilustrasi

INILAH, Soreang - Kepala Dinas Permukiman, Penataan Ruang, dan Kebersihan (Dispertasih) Kabupaten Bandung Slamet Mulyana mengatakan proses serah terima pengelolaan Rusunawa Baleendah dari Kementerian Pekerjaan Umum kepada Pemkab Bandung terus diupayakan agar segera mungkin rusunawa dapat digunakan.

Dikatakan Slamet, nantinya rusunawa diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan diprioritaskan bagi relokasi korban banjir, khususnya di Kecamatan Baleendah seperti warga Cieunteung dan Andir.

"Rusunawa tersebut akan kami prioritaskan bagi warga yang terkena banjir di sekitar Cieunteung dan Andir Baleendah," kata Slamet saat ditemui di Kantor Dispertasih Kabupaten Bandung, Jumat (4/1/2013).

Dia menjelaskan bagi warga yang tempat tinggalnya terkena lokasi pembuatan folder di Cieunteung dan Andir, akan diprioritas untuk menempati rusunawa. "Warga bisa menempati rusunawa sebelum mendapatkan rumah untuk tempat tinggal. Tetapi memang bukan untuk selamanya, jangka waktu maksimal untuk sewa selama tiga tahun, sebelum mereka mendapatkan rumah untuk ditempati," ucapnya.

Hingga saat ini, dikatakannya proses pembangunan rusunawa telah selesai dan masih dalam proses pemeliharaan Kementerian Pekerjaan Umum.

"Pengalihan pengelolaan kepada Pemkab Bandung sedang diupayakan secepat mungkin. Namun bisa saja sebelum proses pengalihan dilakukan, rusunawa bisa ditempati," tuturnya.

Seperti diketahui, Rusunawa Baleendah dilengkapi sarana prasarana dan fasilitas pendukung, seperti perdagangan dan taman. Patokan harga sewa rusunawa sekitar Rp200 ribu per bulan. Selain itu, Rusunawa Baleendah dibangun tiga twin block dengan kapasitas sekitar 600 kepala keluarga (KK).

Dengan dibangunnya Rusunawa Baleendah, diharapkan dapat menutupi kekurangan tempat tinggal dari kebutuhan yang ada di Kab Bandung. Dan rusunawa bisa menjadi solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
PATAHKAN MITOS GRESIK
DATANG ke Gresik, Persib Bandung mengusung ambisi ganda: mengakhiri rekor buruk sekaligus merebut kembali posisi puncak.
KARIKATUR + Indeks