Senin, 22 Desember 2014 | 19:41 WIB

Peduli Lingkungan, Wajib Pajak Dapat Diskon PBB

Oleh: Dery Fitriadi Ginanjar
Metro bandung - Kamis, 10 Januari 2013 | 17:39 WIB
Wali Kota Bandung Dada Rosada

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Dada Rosada meresmikan Kantor Pajak Bumi Bangunan (PBB) Kota Bandung yang berlokasi di Jalan Cianjur, Kamis (10/1/2013).

Mulai Januari tahun ini, PBB yang semula dikelola Pemerintah Pusat diserahkan kepada kota/kabupaten.

Dada mengatakan, penyerahan pengelolaan PBB ke Kota Bandung merupakan kebijakan yang akan meringankan wajib pajak. Keringanan yang dimaksud berupa potongan PBB bagi perusahaan yang tidak menggunakan kantong plastik sebesar 10 persen, pemilik gedung cagar budaya dan bisa memelihara secara baik sebesar 25 persen.

"Tetapi kalau pemilik gedung cagar budaya yang tidak memelihara gedungnya, dia tetap harus bayar PBB 100 persen," tegas Dada.

Kemudian keringanan berikutnya, lanjut Dada, diberikan kepada warga yang memiliki penghijauan dan sumur resapan di rumahnya diberikan keringanan PBB sekitar 50 persen.

"Kebijakan ini diatur dalam Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota yang akan diberlakukan pada tahun 2013. Saya ingin meringankan wajib pajak yang rumahnya peduli lingkungan, asri, hijau dan bersih," tandasnya.

Dada memperkirakan, kebijakan itu kemungkinan besar menjadi yang pertama diberlakukan di Indonesia. "Silahkan wartawan cari daerah mana di Indonesia yang wajib pajaknya diringankan karena wajib pajak itu peduli lingkungan," tegasnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
5.000 WARGA MENGUNGSI
HAMPIR 5.000 warga mengungsi karena banjir. Pemerintah diminta tidak berbelit-belit dalam menyalurkan bantuan.
ASPIRASI + Indeks