Selasa, 16 September 2014 | 11:54 WIB

Pelatih Persipura: Persib Seperti Timnas Mini

Oleh: Yuliantono
Kabar terkini - Minggu, 13 Januari 2013 | 06:01 WIB
Jacksen F Thiago

INILAH, Bandung - Pelatih Persipura Jacksen F Thiago mengakui tim yang dihadapi anak asuhnya pada laga perdana mereka, yakni Persib, tidak mudah dikalahkan, karena banyak perubahan di setiap lini yang dilakukan Maung Bandung.

Bahkan pelatih asal Brasil ini pun tak segan menyebut skuat Persib Bandung seperti Timnas indonesia mini.

"Persib? Seperti apa yang sudah saya bilang sebelumnya. Persib punya pemain yang bagus. Bahkan Persib itu seperti timnas mini dengan aroma Barca," ujar Jacksen kepada wartawan usai memberi coaching clinic kepada salah satu SSB di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Sabtu (12/1).

Meski demikian, dia berharap, timnya mendapat keberuntungan di kandang Maung Bandung. "Tapi semoga kita dapat keberuntungan di sini," ucapnya.

Mengenai kualitas individu Atep dan kawan-kawan, pelatih yang dulu sempat bermain untuk Persebaya Surabaya ini mengaku tidak ada perhatian khusus yang dia minta kepada anak asuhnya, untuk menghadapi Persib. Dia mengatakan, semua penggawa Djanur memiliki kualitas mumpuni yang patut dikawal secara keseluruhan.

"Tidak ada pemain yang harus dijaga ketat. Kalau yang dijaga satu sektor, yang lain bisa membahayakan. Semua pemain Persib punya kekuatan yang sama. Mereka punya pemain yang bisa mencetak gol semua. Makanya kita juga bangun sistem dari latihan, untuk menghadapi Persib," jelasnya.

Soal statistik di atas kertas, dimana Persipura kerap berhasil mencuri poin di kandang Persib, Jacksen menilai hal tersebut hanya sejarah. Dia mengatakan, yang ingin dilakukan timnya saat ini adalah untuk membuat sejarah.

"Soal statistik? Kita lihat besok. Apa yang pernah kita capai sebelumnya itu cuma sejarah. Besok kita ingin buat sejarah lawan Persib," ucapnya.

Sementara itu, mengenai pemindahan lokasi pertandingan dari Stadion si Jalak Harupat ke Stadion Siliwangi, serta cuaca di Kota Bandung yang kerap diguyur hujan sehingga dapat mempengaruhi kualitas lapangan, tidak menjadi masalah buat timnya. Dia mengatakan, Boaz Solossa dan kawan-kawan sudah siap mengantisipasi kemungkinan apapun dalam persiapan sebelumnya.

"Kita nggak masalah. Sebelumnya kita memang sudah siapkan untuk bermain di Stadion Siliwangi. Mengenai cuaca, nggak masalah. Hujan itu berkah. Waktu Inter Island di Malang, kita main juga hujan. Nggak masalah. Di sana kita kalah hanya karena koin," ucapnya.

Sedangkan mengenai kesiapan 20 pemain yang diboyongnya, pelatih asal Brasil ini mengaku para pemainnya tersebut sudah sangat siap. Walaupun sebelumnya Boaz sempat terancam tidak dapat bermain, karena ada masalah.

"Tidak ada masalah. Anak-anak cukup bagus selama di sini. Sebelumnya Boaz sempat diragukan. Tapi sekarang sudah nggak apa-apa. Jadi bisa dikatakan kami semua sudah siap untuk bermain besok," pungkasnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
JOKOWI INGKAR JANJI
JOKOWI urung merampingkan postur kabinet. Presiden terpilih itu memastikan 34 kementerian dalam kabinetnya bersama JK. Dari jumlah itu, 16 merupakan jatah parpol.
ASPIRASI + Indeks