Rabu, 1 Oktober 2014 | 00:52 WIB

Harga Daging-Telur di Kabupaten Bandung Naik

Oleh: Dani R Nugraha
Bandung raya - Selasa, 15 Januari 2013 | 15:16 WIB
inilah.com

INILAH, Bandung - Harga daging ayam, telur ayam, dan daging sapi di Kabupaten Bandung mengalami kenaikan cukup signifikan.

Menurut Ipah Saripah (42), salah seorang pemilik warung di Soreang, harga telur ayam per kilogram saat ini Rp18.500 dari sebelumnya Rp16.000, daging ayam Rp30.000 per kilogram dari sebelumnya Rp26.000 dan harga daging sapi Rp85.000 dari sebelumnya Rp80.000.

"Padahal setiap hari saya belanja telur ayam sebanyak 5 kilogram, daging sapi 15 kilogram dan daging ayam 20 kilogram. Tentu dengan kenaikan harga yang sudah sepekan terakhir ini cukup memberatkan," kata Ipah Saripah, Selasa (15/01).

Meski sejumlah harga sudah naik, namun Ipah mengaku tidak berani menaikan harga jual makanan di kantinnya. Untuk mensiasatinya, kata Ipah, dia terpaksa mengurangi ukuran potongan daging. "Kalau naikan harga jual, rasanya nggak mungkin. Yah sudah mendingan ukurannya saja yang diperkecil," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bandung Engkus Kustiana menjelaskan kenaikan harga disebabkan banyaknya permintaan sejak akhir tahun lalu. Kenaikan harga sudah berlangsung selama beberapa pekan.

"Pantauan kami di sejumlah pasar, seperti di Pasar Margahayu, Sayati, dan Banjaran, harga telur sekarang mencapai Rp18.500 per kilogram. Harga daging telur mengalami kenaikan sekitar Rp1.500," katanya Selasa (15/1).

Engkus menambahkan harga daging ayam juga mengalami kenaikan dari Rp26 ribu menjadi Rp30 ribu. Kenaikan ini lebih disebabkan banyaknya permintaan. Namun untuk stok ketersediaan barang, dipastikan masih tetap aman.

"Kenaikan harga memang karena permintaan yang naik di akhir tahun dan awal tahun. Mudah-mudahan akhir bulan ini harga bisa kembali normal. Harga daging ayam memang variatif, tapi harga tertinggi mencapai Rp30 ribu," ujarnya.

Selain daging ayam, daging sapi juga mengalami kenaikan, dari harga sekitar Rp80 ribu per kilogram menjadi Rp85 ribu per kilogram. Cuaca hujan diduga juga turut menjadi faktor kenaikan harga, karena distribusi terhambat.

"Hujan ini kan berdampak pada terjadinya genangan air di sejumlah titik. Seperti di Katapang dan Bojongsoang. Genangan air itu menghambat distribusi, karena harus memutar melalui jalan lain yang tidak tergenang," pungkasnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
KERTAJATI HARUS JADI
BANDARA Husein Sastranegara sudah tak mampu menampung lonjakan penumpang. Maka, pembangunan Bandara Kertajati harus jalan terus.
ASPIRASI + Indeks