Senin, 22 Desember 2014 | 09:43 WIB
LINTAS JABAR

Hanura Usung Kades Pesawahan di Pilbup Garut

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Kamis, 17 Januari 2013 | 18:30 WIB
istimewa

INILAH, Garut - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) hampir dipastikan mengusung Kepala Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler, Sherli Besi sebagai bakal calon Bupati Garut pada Pilbup Garut 2013.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Garut Lela Nurlela menegaskan pengusungan pencalonan Sherli Besi untuk
perebutan kursi nomor satu di Garut tersebut sudah dilakukan jauh-jauh hari, sekitar Juli 2012 lalu.

"Ini tidak asal-asalan melainkan sudah melalui musyawarah internal partai. Disepakati, DPC Hanura Garut merekomendasikan Sherli Besi ke DPD Jabar dan DPP untuk diusung sebagai calon bupati. Tinggal menunggu SK (Surat Keputusan) DPP (Hanura)," jelas Lela, Kamis (17/1).

Akan tetapi, guna memuluskan pengusungan Cabup tersebut, diakui Lela pihaknya masih harus berkoalisi dengan partai lain dengan jumlah kursi minimal 4 kursi. Sebab Partai Hanura sendiri hanya memiliki 4 kursi di DPRD Garut.

Disinggung mengenai isu santer bila Sherli Besi digadang-gadang akan berpasangan dengan Rudi Gunawan, seorang praktisi hukum, dalam Pilbup Garut 2013 itu, Lela malah mengernyitkan dahi. "Bisa saja. Tapi Rudi perahunya apa?" ujarnya.

Sherli Besi sendiri saat ini masih aktif sebagai Kepala Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler. Terkait pencalonan Sherli, Ketua Relawan Masyarakat Pendukung Sherli (RampeS) Aceng Nasir menegaskan SK DPP Hanura terkait pengusungannya sebagai Cabup Garut sudah diterimanya.

Namun posisinya, apakah sebagai Cabup atau Cawabup Garut tidak mutlak karena menunggu dinamika terjadi sampai tiba saatnya pendaftaran Cabup-Cawabup Garut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut pada pertengahan 2013 nanti.

"Kita kan hanya punya 4 kursi. Mau tak mau untuk pencalonan itu harus koalisi dengan partai lain. Nah, jika nanti berkoalisi dengan partai yang jumlah kursinya di DPRD ada 6, kita tentu harus realistis," kata Aceng Nasir.

Namun begitu, lanjut Aceng Nasir, pihaknya terus melakukan survei dan lobi-lobi politik menyikapi berbagai dinamika terjadi menjelang Pilbup Garut tersebut. "Pendekatan terhadap calon lain secara personal juga kita lakukan, termasuk di antaranya Rudi Gunawan. Tapi segala sesuatunya bisa saja berubah nanti menjelang pendaftaran ke KPU," ujarnya.

Pilbup Garut dijadwalkan dilangsungkan pada 8 September 2013, dengan tahapan dimulai sekitar Maret. Sejauh ini, dari sejumlah partai politik yang ada keterwakilannya di DPRD Garut baru Partai Hanura terang-terangan mengusung kadernya sebagai Cabup Garut untuk Pilbup Garut 2013. Parpol lainnya baru sebatas perbincangan dalam pemunculan nama Cabup tersebut.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BANJIR RENDAM TUJUH KECAMATAN
PUTING beliung pergi, banjir datang menyongsong. Tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung tergenang air.
ASPIRASI + Indeks