Kamis, 24 Juli 2014 | 06:37 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

KPU Jabar Tetapkan Zona dan Jadwal Kampanye Pilgub

Oleh: Dadi Haryadi
Jabar - Selasa, 22 Januari 2013 | 22:36 WIB
Jadwal dan zona kampanye Pilgub - inilah.com/Bambang Prasethyo

INILAH, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah menetapkan jadwal dan zona kampanye kepada masing-masing kandidat Cagub/Cawagub Jabar.

"Kami membagi lima zona kampanye supaya tidak bentrok massa pendukung," ujar Ketua Komisioner KPU Jawa Barat Teten Setiawan usai undian jadwal kampanye dengan tim kampanye Cagub & Cawagub di Aula KPU Jabar, Selasa (22/1/2013).

Jadwal kampanye di Pilgub Jabar akan digelar pada 7-20 Februari 2013. Dia menjelaskan masing-masing zona ini terdiri dari 5-6 Kota/Kabupaten. Contohnya zona barat yang mencakup pada Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok.

"Pasangan calon hanya bisa melakukan aktivitas kampanye sesuai dengan zona yang telah ditentukan," katanya.

Dia menuturkan pada jadwal pertama, zona Barat akan diisi kampanye Dikdik-Toyib, zona Utara Aher-Deddy Mizwar, zona Tengah Yance-Tatang, zona Timur Dede Yusuf-Laksamana, zona Selatan Rieke-Teten. Selanjutnya zona akan berganti secara bergiliran.

Pihaknya juga mengimbau kepada tim kampanye dari masing-masing calon agar tidak memasuki wilayah yang sedang berlangsung Pilbup atau Pilwalkot. Hal ini, menurut Teten agar daerah tersebut tetap berkonsentrasi pada Pilkada di daerahnya masing-masing. Adapun daerah tersebut, kata Teten, adalah Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Cirebon.

"Selain itu kan karena partai pengusung calon di Pilgub dan Pilkada juga berbeda," jelas Teten.

Menurutnya, KPU Jabar juga akan menggelar kampanye bersama dengan cara pawai damai mengelilingi Kota Bandung. Terkait pelaksanaannya sendiri akan dilakukan setelah penyampaian visi misi dari masing-masing calon yang akan dilaksanakan pada 7 Februari di DPRD Jawa Barat.

"Pemasangan alat peraga sudah boleh dipasang sejak pukul 00.00 WIB tanggal 7 Februari," bebernya.

Pada masa kampanye, pihaknya juga akan menggelar debat calon yang disiarkan oleh 3 TV swasta, yakni Metro TV, Kompas TV serta TVOne pada 8, 14, dan 20 Februari. Diharapkan gelaran itu bisa gratis. "Yang Metro dipastikan gratis karena berlangsung di gedungnya sendiri, sedangkan lainnya sedang diusahakan supaya bisa gratis juga supaya bisa hemat anggaran," ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Kampanye Paten (Rieke-Teten) Abdy Yuwana mengaku sangat mengapresiasi upaya KPU Jabar dalam mengkoordinir jadwal kampanye melalui zona wilayah. Hal itu dinilai perlu agar kampanye bisa berlangsung damai.

Menurutnya, kampanye damai memiliki arti penting karena itu diperlukan komitmen tinggi dari setiap simpatisan/kader dari masing-masing kadidat. Tidak hanya itu, masyarakat perlu terlibat aktif untuk membantu menjaga keamanan dan kedamaian kampanye. "Masyarakat bisa menilai siapa yang kompeten," pungkasnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
JOKOWI PRESIDEN
KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Joko Widodo- Jusuf Kalla pemenang pilpres.
KARIKATUR + Indeks