Kamis, 23 Oktober 2014 | 06:02 WIB

Pelanggaran Ketenagakerjaan Didominasi Pabrik

Oleh: Dery Fitriadi Ginanjar
Metro bandung - Jumat, 25 Januari 2013 | 12:13 WIB
ilustrasi

INILAH, Bandung - Sepanjang tahun 2012, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung mencatat sejumlah pelanggaran ketenagakerjaan dari sembilan sektor perusahaan. Pelanggaran terbanyak didominasi oleh kalangan industri, khususnya pabrik.

"Pelanggaran ketenagakerjaan didominasi pabrik. Jenis pelanggaran berupa jam lembur yang tidak jelas, pembayaran di bawah upah minumum, serta tidak adanya jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja)," kata Kepala Bidang Pengawasan Disnaker Kota Bandung Marsana saat ditemui di kantornya Jalan Martanegara Kota Bandung, Jumat (23/1/2013).

Dia menuturkan, sembilan sektor pekerjan yang ada di Kota Bandung adalah pertanian, pertambangan, industri, listrik, bangunan, perdagangan dan rumah makan, angkutan, keuangan dan jasa, jasa kemasyarakatan dan sosial. Terhadap pelanggaran itu, Disnaker terus melakukan pembinaan, baik pengusaha maupun pekerja.

"Kita bekerjasama dengan serikat pekerja untuk meminimalisir pelanggaran ketenagakerjaan. Paling penting, jangan sampai ada karyawan tidak diikutsertakan dalam Jamsostek," paparnya.

Pembinaan yang dilakukan, kata Marsana, lebih ditekankan pada aturan-aturan baru. Selain itu diterjunkan 14 tim pengawas guna mengecek langsung kondisi objektif sekitar 6.000 perusahaan yang ada.

"Kami berharap serikat pekerja berperan dalam hal informasi. Misalnya kalau terjadi pelanggaran terhadap hak-hak tenaga kerja. Jadi pengawasan bisa berjalan dengan efektif," tutupnya. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
LAGA PENENTUAN
PERSIB menjamu Persebaya di leg kedua babak delapan besar ISL. Kemenangan bakal membawa Maung Bandung ke semifinal.
ASPIRASI + Indeks