Selasa, 21 Oktober 2014 | 23:41 WIB
LINTAS JABAR

Biaya Tak Terduga APBD Garut Bertambah Rp500 Juta

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Sabtu, 26 Januari 2013 | 07:45 WIB
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut Lucky Lukmansyah Trenggana - inilah.com/Zaenulmukhtar

INILAH, Garut- Besaran alokasi biaya tak terduga (BTT) pada APBD Garut Tahun Anggaran 2013 bertambah sebesar Rp500 juta. Penambahan diperoleh dari hasil pergeseran atau penyesuaian mata anggaran sejumlah SKPD yang diinilai inefisien.

Dengan begitu, besaran BTT pada APBD 2013 semula Rp4 miliar bertambah menjadi Rp4,5 miliar.

"Jadi, memang sesuai saran hasil evaluasi Gubernur terhadap APBD 2013, ada penyesuaian efisiensi beberapa mata anggaran. Ada yang digeser pada kegiatan lain dalam program yang sama. Ada juga yang ditarik ke BTT. Yang ke BTT ini ada penambahan sebesar Rp500 juta," jelas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut Lucky Lukmansyah Trenggana kepadaINILAH, Jumat (25/1/2013).

Sedangkan dana BTT pada APBD 2012 mencapai Rp6 miliar. Sebesar Rp4,3 miliar di antaranya terserap untuk pembayaran Pemkab Garut terhadap nasabah PD BPR Lembaga Perkreditan Kecamatan (LPK) Tarogong, dan Rp1,1 miliar untuk penanggulangan bencana. Besaran APBD 2013 sendiri mencapai Rp2,438 triliun.

Lucky mengaku, pada APBD 2013 sendiri terdapat dana-dana luncuran program kegiatan pada sejumlah SKPD tak terserap di 2012 dengan nilai sebesar Rp39 miliar.

"Kita juga menyesalkan masih besarnya dana-dana tak terserap di 2012 sehingga harus diluncurkan ke 2013. Bagaimanapun ini secara tidak langsung menunjukkan proses perencanaan dan pelaksanaan program dilakukan tidak matang. Ke depan, diharapkan hal seperti ini dapat diminimalisir," ujarnya.

Meskipun begitu, Lucky mengaku dapat memaklumi masih adanya dana-dana tak terserap pada tahun anggaran berjalan. Hal itu terutama menyangkut adanya bantuan provinsi muncul di akhir tahun berjalan, sementara supra struktur yang ada belum siap menuntaskannya dalam kurun waktu tersisa.

Lucky menyatakan, APBD Garut 2013 saat ini sudah dapat dilaksanakan, menyusul kabar menyebutkan bila Bupati Garut sudah menandatangani draft APBD 2013 tersebut baru-baru ini. "APBD 2013 sudah disahkan, dan bisa dilaksanakan. Sekarang ini sedang perbaikan DPA," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jabar dalam evaluasinya menilai banyak mata anggaran pada APBD Garut 2013 dengan total nilai sekitar Rp2,438 triliun terlalu tinggi dan tidak efisien dengan kebutuhan. Sehingga harus ada langkah efisiensi atas APBD 2013 tersebut.

Mata anggaran dinilai inefisien itu tersebar nyaris di seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Garut. Kebanyakannya menyangkut kegiatan nonfisik, seperti perjalanan dinas, dan pelatihan-pelatihan. [den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Menanti Kabinet Jokowi
RESMI menjabat Presiden, Joko Widodo segera mengumumkan kabinetnya. Ada perubahan setelah dari PPATK dan KPK.
ASPIRASI + Indeks