Senin, 22 Desember 2014 | 03:05 WIB

Calon Haji Purwakarta Harus Menunggu 8 Tahun

Oleh: asep mulyana
Syiar - Minggu, 27 Januari 2013 | 17:13 WIB
antarafoto.com

INILAH, Purwakarta - Minat masyarakat Purwakarta untuk melaksanakan ibadah haji sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari daftar tunggu haji yang ada di Kantor Kementrian Agama setempat.

Sampai saat ini, daftar tunggu calon jamaah haji masih terus mengular. Padahal, calon jamaah yang mendaftar tahun ini, baru masuk daftar tunggu hingga 2021. Artinya, mereka harus menunggu sampai delapan tahun mendatang.

Tingginya minat masyarakat ini tak berbanding lurus dengan kuota haji yang ditetapkan pemerintah. Kuota untuk Purwakarta hanya 723 orang. Idealnya, kuota tersebut mendapat penambahan dua kali lipat dari jumlah kuota tersebut.

Menurut Kasi Urusan Haji Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, Zaenal Mutaqien, kebijakan kuota ini sudah diatur oleh pemerintah. Adapun kuota haji untuk Purwakarta sebesar 703 calon jamaah haji.

“Kuota untuk Purwakarta sebanyak 723 orang. Kuota tersebut, tentunya merujuk pada penetapan kuota Jabar.Adapun kuota untuk Jabar pada 2012, yang ditentukan oleh pusat mencapai 37.366 orang,” kata Zaenal, Minggu (27/1).

Dijelaskan Zaenal, kuota haji untuk setiap kabupaten/kota ditentukan berdasar pada dua rumus. Pertama, berdasarkan jumlah pendaftar kabupaten /kota dibagi jumlah pendaftar provinsi kemudian di kali kuota Jabar. Adapun kuota untuk Jabar mencapai 37.366 calon jamaah haji.

Rumus kedua, jumlah penduduk muslim kabupaten/kota dibagi jumlah muslim provinsi lalu dikali kuota Jabar. Dari dua rumus itu, kuota untuk Purwakarta hanya 723 calon jamaah haji. Padahal, jika merujuk pada kuota dengan minat masyarakat, sudah tak berbanding lurus.

“Kuotanya sedikit peminatnya banyak,” ujar dia menjelaskan. [ing]

Berita Lainnya
1 Komentar
JAMS HARDI @ Jumat, 31 Mei 2013 | 15:23 WIB itu mah permainan dari Depag aja
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BANJIR RENDAM TUJUH KECAMATAN
PUTING beliung pergi, banjir datang menyongsong. Tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung tergenang air.
ASPIRASI + Indeks