Jumat, 25 April 2014 | 04:42 WIB
EKONOMI

Sejak Krisis, Kandang Sapi di Jabar Banyak Kosong

Oleh: astri agustina
Ekonomi - Minggu, 27 Januari 2013 | 18:25 WIB
wordpress.com

INILAH.COM, Bandung – Per tanggal 1 Januari 2013, kapasitas terpakai (utilisasi) kandang sapi di Jawa Barat saat ini hanya mencapai 30,6% dari jumlah kandang sapi yang ada.
Ketua Forum Peternak Budidaya Penggemukan Sapi (FPBPS) Jawa Barat, Yudi Guntara Noor menuturkan utilisasi kandang sapi saat ini berbanding terbalik dengan data yang dimiliki oleh Dinas Peternakan Provinsi Jabar.
Pasalnya, data yang dimiliki oleh Disnak Jabar tertuliskan bahwa jumlah pasokan sapi potong yang masuk ke Jabar terhitung mencukupi untuk memenuhi kebutuhan permintaan masyarakat.
“Data yang ada itu mengesankan kalau pasokan sapi potong aman. Sehingga ada kesan kandang sapi penuh. Padahal hanya 30% saja utilisasinya,” ujar Yudi kepada wartawan saat ditemui disebuah tempat makan di Jalan Hasnudin, Kota Bandung, Minggu (27/1/2013).
Yudi mengatakan kapasitas kandang atau produksi adalah 350.000 ekor pertahun. Sedangkan stok sapi penggemukan yakni 37.996 ekor dengan ex impor 25.352 ekor dan sapi lokal 12.644 ekor.
“Sudah sapi pasokannya menipis, kita juga tidak hanya memenuhi kebutuhan sapi di Jabar saja. tetapi juga di Banten dan DKI Jakarta.Sehingga kemampuan pasokan untuk lokal dan impor saat ini adalah 11.924 ekor perbulan sehingga pasokan perharinya 397 ekor perhari,” tandasnya. [ing]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Wajah Baru Parlemen Meragukan
WAJAH baru bakal mengisi kursi DPR RI lima tahun ke depan. Mampukah mereka ‘bersuara’ di parlemen?
KARIKATUR + Indeks