Jumat, 31 Oktober 2014 | 16:01 WIB
EKONOMI

Apindo Upayakan Relokasi Industri ke Majalengka

Oleh: Astri Agustina
Ekbis - Jumat, 8 Februari 2013 | 09:30 WIB

INILAH, Bandung - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar mengupayakan relokasi industri tekstil yang awalnya berada di Jabar, tetap berada di provinsi ini.

Untuk itu, Apindo Jabar bersama pemerintah setempat menjalin kerja sama melakukan sosialisasi kepada pengusaha tekstil yang rencananya akan relokasi dari Bekasi serta Karawang, agar tidak memindahkan usahanya ke Jateng atau Jatim.

Ketua Apindo Jabar Dedy Wijaya mengatakan industri tekstil yang berniat hengkang dari Bekasi atau Karawang, diarahkan untuk memindahkan usahanya ke Majalengka. Dia menilai hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan peningkatan perekonomian Jabar tetap tinggi.

Adanyarelokasi ini, kata Dedy, karena kenaikan upah yang dinilai memberatkan investor untuk terus menjalankan roda bisnisnya di wilayah dengan kenaikan UMK cukup tinggi.

“Hal tersebut kita lakukan agar mereka masih ada di Jabar, tidak lari ke Jateng atau Jatim. Jadi investasinya tetap di Jabar. Kita berupaya untuk relokasi ke daerah yang UMK-nya kecil, ya Majalengka ini,” ujar Deddy kepada INILAH.

Selain UMK yang cukup rendah, juga disokong oleh infrastruktur yang memadai. Selain itu, jarak antara Majalengka dengan Ibu Kota Jakarta juga tak terlalu jauh sehingga memudahkan proses pengiriman barang jadi atau bahan baku.

“Prosesnya sekarang sudah dilakukan tiga kali pertemuan dengan pengusaha yang rencananya akan relokasi. Kita tidak bisa memaksakan, karena semua keputusan ada di tangan mereka. Upaya kami hanya memberikan sosialisasi bahwa relokasi ke Majalengka juga cukup baik,” jelasnya.

Ke depan, infrastruktur Majalengka pun akan semakin baik, seiring rencana dibangunnya sejumlah proyek, seperti Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka, dan juga akses Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, yang juga melintasi sekitar Majalengka. [den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Pram Tolak DPR Tandingan
DRAMA pimpinan DPR tandingan terus bergulir. Namun, politikus PDIP Pramono Anung justru menolak rencana itu.
ASPIRASI + Indeks