Selasa, 21 Oktober 2014 | 17:16 WIB

Kota Cimahi Terancam Permasalahan Anjal

Oleh: Jaka Permana
Bandung raya - Rabu, 13 Februari 2013 | 17:12 WIB

INILAH, Cimahi - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi diminta untuk lebih serius mengatasi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Khususnya masalah anak jalanan (anjal). Saat ini, anjal yang notabene bukan warga Cimahi menjamur di beberapa kawasan di Kota Cimahi meski Pemkot sudah menyediakan tempat penampungan bagi mereka.

"Jika tidak diantisipasi maka akan menjadi permasalahan baru. Sejauh ini Pwemkot belum memperlihatkan keseriusan permasalahan anjal," ujar Anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi, Robin Sihombing kepada wartawan, Rabu (13/2/2013).

Dia mengatakan, saat ini Cimahi sering dijadikan pilihan para anjal. Menurut dia, penyandang masalah sosial itu seolah-olah tidak terakomodir oleh upaya penanganan yang belum maksimal dari Pemkot.

"Memang kondisi anjal di Cimahi belum menunjukan kategori kritis seperti di kota lain. Tapi, alangkah baiknya Pemkot dapat mengambil langkah konkret. Seperti, terjun langsung kelapangan, bersinergi dengan daerah lain untuk menekan angka anjal dan tentunya hal itu harus dilakukan secara konferhensif," kata dia.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Kesejahteraan Sosial Disnakertransos Kota Cimahi, Agustus Fajar menegaskan, anjal merupakan salah satu masalah sosial yang dihadapi kota dengan tiga kecamatan tersebut. Meski jumlah mereka relatif rendah, namun seiring berjalannya waktu setiap tahun sering terjadi penambahan meski tidak signifikan.

"Kami selalu mencari solusi yakni dengan rutin melakukan pendataan secara konprehensif," ujar Agustus.

Menurut dia, terdapat 65 anak jalanan yang terdata. Guna mengatasi hal itu, kata dia, pihaknya tetap memaksimalkan beberapa rumah singgah yang kini dikelola oleh Pemkot. Dia pun membantah jika Pemkot tidak maksimal dalam menuntaskan masalah sosial ini.

"Saat ini kami baru memiliki 2 rumah singgah yang berada di kawasan Cimindi dan Dustira. Tempat itu kami jadikan sarana pembinaan bagi mereka," jelas dia.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Menanti Kabinet Jokowi
RESMI menjabat Presiden, Joko Widodo segera mengumumkan kabinetnya. Ada perubahan setelah dari PPATK dan KPK.
ASPIRASI + Indeks