Jumat, 24 Oktober 2014 | 23:52 WIB
LINTAS JABAR

Distribusi Surat Suara Pilgub Dikawal Kepolisian

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Selasa, 19 Februari 2013 | 20:40 WIB
inilah.com/Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Pendistribusian kotak dan surat suara Pilgub Jawa Barat di Kabupaten Garut, mulai gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut hingga titik distribusi di 42 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Garut, mendapatkan pengawalan cukup ketat aparat Kepolisian Resor (Polres) Garut, sejak dua hari terakhir ini.

Kapolres Garut, AKBP Umar Surya Fana menuturkan, dalam pengawalan pendistribusian kotak dan surat suara Pilgub dikerahkan dua anggota polisi bersenjata lengkap mendampingi truk pengangkut kotak suara maupun lembar surat suara.

"Pengawalan ini kita lakukan untuk mengantisipasi bocornya surat suara ke masyarakat, sebelum hari H Pilgub pada tanggal 24 Februari 2013," ujar Umar, Selasa (19/2/2013).

Umar menjelaskan, pengawalan pendistribusian kotak suara dan surat suara dilakukan aparat Polres Garut hanya sampai titik distribusi di PPK. Sedangkan pendistribusian dari PPK ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS)/Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilakukan anggota dari masing-masing Kepolisian Sektor di kecamatan.

Umar berharap penyaluran logistik Pilgub Jabar tersebut berjalan lancar, dan tepat waktu, kendati diakuinya kondisi medan dan letak geografis titik distribusi, terutama selatan Garut, cukup berat. Aparat kepolisian pun tetap melakukan penjagaan di sejumlah titik, baik selama masa tenang kampanye sebelum hari H maupun saat pencoblosan pada 24 Februari 2013.

Untuk pengamanan tersebut, Polres Garut menerjunkan 980 lebih personilnya, baik dari Polres maupun Polsek. “Satu personil polisi dari Polsek bisa memantau 5 sampai 6 TPS di masing masing desa. Sebab jumlah TPS seluruhnya sekitar 5.000 TPS tersebar di 420 desa se-Kabupaten Garut,” ujarnya.

Umar juga meminta seluruh masyarakat menjaga kondusivitas, ketertiban, dan keamanan saat pemungutan suara Pilgub berlangsung.

Kepala Sub Bagian Teknis dan Humas KPU Kabupaten Garut, Parhan menuturkan, logistik untuk Pilgub Jabar didistribusikan ke PPK-PPK/TPS-TPS secara bertahap dalam dua hari terakhir ini berupa surat suara berikut 5 jenis sampul Pilgub Jabar. Masing-masing yakni sampul berita acara, sampul surat suara, sampul surat suara tidak sah, sampul anak kunci, dan sampul sisa.

"Sebagian lagi akan dibagikan paling lambat pada Kamis (21/2) besok," kata Parhan.

Dia menyebutkan, jumlah surat suara Pilgub untuk Kabupaten Garut mencapai sebanyak 1.811.544 lembar. Sedangkan jumlah hak pilih penduduk Garut yang terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.767.360 orang, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 4.064 titik.

Terkait surat suara rusak, Parhan menyebutkan, terdapat lebih dari 1.000 lembar surat suara Pilgub untuk Kabupaten Garut ditemukan rusak. "Ini telah dilaporkan, dan berkasnya dikirimkan kembali ke KPU Jawa Barat. Namun hingga kini, pengganti surat suara yang rusak tersebut belum juga datang," ucapnya.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
TARIK-ULUR KABINET JOKOWI
PRESIDEN Jokowi masih belum mengumumkan susunan kabinetnya. Ada tarikmenarik kepentingan dalam proses seleksi.
ASPIRASI + Indeks