Sabtu, 22 November 2014 | 00:36 WIB

Volume Sampah Cimahi Naik Jadi 723 Ton/Hari

Oleh: Jaka Permana
Bandung raya - Rabu, 27 Februari 2013 | 11:25 WIB
inilah.com

INILAH.COM, Cimahi - Volume sampah di Kota Cimahi hingga Februari 2013 ini mengalami peningkatan sebanyak 15 persen. Pada 2012 lvolume sampah hanya 600 ton, kini 723 ton dalam seharinya.

Hal ini disebabkan jumlah penduduk Kota Cimahi yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Cimahi, Ade Ruhiyat mengatakan jumlah penduduk Cimahi saat ini mencapai 647.545 jiwa yang tersebar di 312 RW. Dengan begitu, volume sampah di Kota Cimahi mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam segi pengelolaan sampah yang terus mengalami peningkatan ini," kata dia di Pemkot Cimahi, Rabu (27/2/2013).

Jumlah tersebut, dikatakan Ade belum bisa sepenuhnya teratasi. DKP Kota Cimahi sendiri hanya mampu pengelolaan sampah sebesar 67% tiap harinya. Terlebih, pihaknya juga kewalahan karena kesadaran masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya masih kurang.

"Jelas hal itu menghambat kinerja petugas di lapangan karena harus membersihkan sampah terlebih dahulu sebelum ke proses pengangkutan," tutur dia.

Menurut dia, kurangnya alat operasional DKP juga menjadi salah satu alasan. Saat ini Kota Cimahi baru mempunyai 22 unit kendaraan operasional termasuk motor pengangkut sampah.

"Untuk mengurangi sampah penambahan armada bukan merupakan solusi. Yang terpenting adalah kesadaran masyarakat memanfaatkan sampah sendiri," kata dia. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
UJIAN PERTAMA MERAH-PUTIH
PERJUANGAN Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2014 dimulai, Sabtu (22/11) petang WIB. Tuan rumah Vietnam jadi tantangan pertama skuat Merah-Putih.
ASPIRASI + Indeks