Selasa, 29 Juli 2014 | 07:33 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Pemprov Targetkan Tambah Lahan Abadi per Tahun

Oleh: Dadi Haryadi
Jabar - Senin, 4 Maret 2013 | 17:41 WIB
inilah.com/Budiyanto

INILAH, Bandung - Melalui Perda No 27/2010 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan, pemerintah provinsi Jawa Barat terus berusaha menambah lahan pertanian. Namun, peraturan ini akan terasa setelah jangka waktu yang cukup lama.

"Lahan abadi bisa diketahui setelah 10 tahun kedepan usai Perda ditetapkan," ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan kepada wartawan usai Penyampaian SPT Tahunan di Kantor Pelayanan Pajak Bandung Cibeunying, Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Senin (4/3/2013).

Dia menjelaskan, lahan abadi akan terbentuk melalui dukungan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Secara otomatis lahan abadi akan terhindar dari alih fungsi lahan karena lahan tersebut tidak boleh dipergunakan dengan alasan apapun.

Menurutnya, Perda tersebut dibuat demi melindungi lahan pertanian di Jabar agar tidak berkurang. Pasalnya, lahan pertanian kerap tergerus pembangunan industri dan pemukiman.

Lahan basah tersebut, katanya, tersebar di berbagai daerah di Jabar. Secara rinci, lokasi lahan basah itu berada di pemerintah kabupaten/kota sedangkan pemprov hanya tinggal menyetujui sesuai dengan rasio kebutuhan dan permintaan.

"Ketika lahan basah ditetapkan di RTRW, berarti itu lahan sawah dan menjadi lahan abadi," jelasnya.

Setiap tahun, lanjutnya, Pemprov menargetkan penambahan lahan abadi seluas 200-300 hektare. Namun penambahan lahan yang dipergunakan untuk pesawahan itu tergolong cukup sulit mengingat keterbatasan lahan di Jabar.

"Lahan di Jabar sangat terbatas sehingga penambahan tersebut cukup susah payah. Namun, kami berkomitmen untuk selalu ada penambahan," pungkasnya.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
MACET NAGREG MENGGILA
JALUR Nagreg mulai ramai. Pemudik bermotor mendominasi jalur. Kendaraan mengular hingga 30 Km mulai dari Ciamis hingga Nagreg.
KARIKATUR + Indeks