Selasa, 22 Juli 2014 | 20:24 WIB
EKONOMI

UKM Adalah Tulang Punggung Perekonomian ASEAN

Oleh: Astri Agustina
Ekonomi - Selasa, 5 Maret 2013 | 18:35 WIB
Usaha Kecil Menengah (UKM) - inilah.com/Dicky Zulfikar Nawazaki


INILAH, Bandung - Menurut data dari Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM), Usaha Kecil Menengah (UKM) diakui sebagai penopang perekonomian di wilayah Asia Tenggara (ASEAN). Hal tersebut terbukti saat gejolak perekonomian ditahun 1998 dan 2008 silam dan sektor UKM masih tetap bertahan.

Sesuai dengan data dari Kemenko Perekonomian, populasi UKM di Indonesia mencapai 55 juta unit atau setara dengan 99 persen dari total populasi perusahaan. UKM di Indonesia merupakan salah satu sektor utama penggerak perekonomian bangsa. Terutama sebagai penyedia lapangan kerja.

Hingga saat ini, UKM mampu menyediakan lapangan kerja utama bagi sekitar 90 juta pekerja, atau 97 persen dari total tenaga kerja Indonesia.

"Khusunya Jabar adalah pemilik pelaku UKM terbesar di Indonesia," ujar Kepala Dinas KUKM Provinsi Jabar, Anton Gustoni saat ditemui dalam acara Diskusi Kelompok Terbatas bertajuk 'Menuju Komunitas Ekonomi ASEAN 2015: Tantangan dan Peluang Bagi Kalangan Pengusaha di Jawa Barat', Selasa (5/3/2013).

Dilihat dari data pemerintah Provinsi Jabar, populasi terbesar di Jabar yaitu lebih dari 9 juta unit. UKM di Jabar mampu menyerap 87 persen tenaga kerja.

"Dengan jumlah lebih dari 9 juta unit pelaku UKM, kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jabar mencapai lebih dari 60 persen," tuturnya.

Namun demikian, signifikansi peran UKM tersebut belum berbanding lurus dengan produktivitasnya. Mengingat, perolehan nilai tambah produk UKM hanya mencapai 3,4 persen, jauh lebih rendah dibanding perusahaan skala besar yang mencapai 96,5 persen.

"UKM adalah tulang punggung perekonomian. Ini mirip dengan negara Eropa yang survive dari hal perekonomian yang cukup besar juga memiliki UKM. Mereka dapat hidup dari krisis yang terjadi pada beberapa tahun yang lalu," ujar Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementrian Luar Negeri, I Gustri Agung Wesaka Puja.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Jalur Selatan Padat
LEBARAN sebentar lagi. Arus mudik pun mulai terasa. Di jalur Selatan, terjadi kepadatan kendaraan. Meski begitu, arus lalu lintas terpantau lancar.
KARIKATUR + Indeks