Jumat, 1 Agustus 2014 | 08:40 WIB
LINTAS JABAR

Kursi Legislatif di Kota Bogor Ditambah 5

Oleh: Dian Prima
Pakuan - Selasa, 5 Maret 2013 | 19:37 WIB

INILAH, Bogor - KPU Kab Bogor menambah kuota kursi legislatif di DPRD Kab Bogor sebanyak 5 kursi, dimana dari jumlah 45 kursi menjadi 50 kursi. Penambahan ini dilakukan sebagai aturan penyesuaian pertambahan penduduk dengan penambahan daerah pemilihan.

"Kita akan menetapkan untuk Pileg tahun 2014 mendatang, ada 50 kursi legislatif yang diperebutkan. Saat ini kita tawarkan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya parpol dan ormas yang ada," jelas Ketua KPUD Kab Bogor, Ahmad Fauzi, Selasa (5/3/2013).

Disebutkan Ahmad, penambahan jumlah kursi tersebut akan diberikan secara tersebar ke daerah pemilihan (dapil) yang secara ranking jumlah penduduk terbesar hingga terkecil. Masing-masing dapil mendapatkan minimal tiga kursi dan maksimal 12 kursi.

"KPU memandang perlunya penyesuaikan kembali jumlah penduduk dengan daerah pemilihan yang dibentuk. Kita melakukan diskusi dengan berbagai pihak terkait untuk pembentukan dapil dalam Pileg 2014 mendatang," jelasnya.

Sementara itu, dijelaskan Ahmad, tahun 2014 Kabupaten Bogor mendapatkan jumlah kursi 9 untuk DPR RI. Kemudian hasil dari konsultasi publik ini akan dilaporkan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi. "Selambat-selambatnya Dapil akan ditetapkan oleh KPU RI pada tanggal 9 Maret 2013," jelasnya.

Sedangkan untuk penetapan dapil dijelaskan Ahmad, KPUD mengusulkan dua desain. Desain pertama untuk dapil satu 8 kursi, dapil dua 10 kursi, dapil tiga 8 kursi, dapil empat 9 kursi, dapil lima 7 kursi, dapil enam 8 kursi. Sedangkan desain kedua untuk dapil satu 9 kursi, dapil dua 9 kursi, dapil tiga 8 kursi, dapil empat 8 kursi, dapil lima 8 kursi, dapil enam 8 kursi.

"Usulan KPUD ini dibahas dan didiskusikan oleh anggota partai politik peserta pemilu, LSM, dan Pemerintah Daerah. Selanjutnya kesepakatan dalam diskusi ini dilaporkan ke KPU RI untuk ditetapkan," jelas Ahmad.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
MACET NAGREG MENGGILA
JALUR Nagreg mulai ramai. Pemudik bermotor mendominasi jalur. Kendaraan mengular hingga 30 Km mulai dari Ciamis hingga Nagreg.
KARIKATUR + Indeks