Jumat, 25 April 2014 | 10:29 WIB
LINGKAR BANDUNG

Maju Pilwakot, Ridwan Kamil Menangis

Oleh: Dadi H
Metro bandung - Minggu, 10 Maret 2013 | 22:07 WIB
Ridwan Kamil - inilah.com

INILAH.COM, Bandung - Saat mendeklarasikan diri maju Pilwalkor Bandung, Ridwan Kamil menangis karena martabat 'Kota Kembang' saat ini sering dilecehkan. Pasalnya Ibu Kota provinsi Jawa Barat ini memiliki segudang permasalahan mulai dari kemacetan lalu lintas, pengelolaan sampah, dan lain-lain.

"Kota Bandung dulu jadi kota percontohan dunia tapi sekarang dilecehkan karena banyak masalahnya," ujar Ridwan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Minggu (10/3/2013).

Melihat kondisi itu, Ridwan berjanji akan mengembalikan martabat Kota Bandung. Terlebih kota ini memiliki segudang potensi mulai dari pariwisata, pusat pendidikan dan lainnya.

Selain itu, katanya, APBD Kota Bandung juga terbilang besar yakni Rp4 triliun setiap tahun. Dana itu bisa digunakan untuk membangun sekolah, membangun taman kota, mencegah bajir dan insfratruktur jalan yang mulus.

"Masa depan Kota Bandung ditentukan dua hal, yakni pemerintahan yang amanah dari masyarakat dan tidak korupsi," katanya.

Menurutnya, permasalahan Kota Bandung bisa diselesaikan dengan banyak cara meski tanpa APBD. Caranya, kekompakan dari masyarakat yang peduli terhadap kota tersebut dengan menggandeng berbagai komunitas.

Cara tersebut dipraktekannya melalui pembelian lahan hijau yang hanya seluas 100 meter di daerah Babakan Asih dengan mengumpulkan dana dari perusahaan. Rencananya, pembelian itu akan dilanjutkan di setiap RW di Kota Bandung yang mencapai 1500 RW.

"Program saya adalah menciptakan Kota Bandung yang sehat yakni 30% lahan hijau, 15% untuk jalan sedangkan sisanya boleh untuk bangunan," pungkasnya. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Aceng Geser Politisi Senior
KARIER politik Aceng HM Fikri rupanya belum habis. Dia melenggang ke Senayan sebagai anggota DPD utusan Jawa Barat.
KARIKATUR + Indeks