Jumat, 22 Agustus 2014 | 04:57 WIB
LINTAS JABAR

Pemkab Purwakarta Tata Ulang Pengelolaan Sampah

Oleh: Asep Mulyana
Pantura - Selasa, 12 Maret 2013 | 20:00 WIB
inilah.com

INILAH, Purwakarta - Pemkab Purwakarta berencana akan menata ulang pengelolaan sampah di TPA Cikolotok, yang terletak Kecamatan Pasawahan. Mengingat, pengelolaan sampah saat ini masih belum sempurna.

Saat ini, sampah yang dibuang ke TPA masih bercampur antara sampah organik dengan sampah plastik. Sehingga, sampah plastik (kimia) tersebut sulit terurai di dalam tanah.

"Jadi, pengelolaan sampah harus lebih di dikembangkan lagi. Kedepan, pengolahan samapah tidak lagi manual, dengan cara pengurugan tanah seperti saat ini," ujar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, Selasa (12/3).

Dikatakan Dedi, pengelolaan sampah yang dimaksudnya, yakni harus dimulai dari bawah (rumah tangga). Nanti, lanjut Dedi, setiap rumah tangga harus memisahkan antara sampah organik dengan anorganik. Jadi, sampah masing-masing dibuang ke tempat sampah yang berbeda.

"Setelah berada di tempat penampungan sementara, petugas yang mengangkut sampah juga harus tersendiri. Misalkan, petugas sampah organik, kerjanya khusus mengangkut sampah tersebut. Begitu pula dengan sampah anorganik, petugasnya pun berbeda," jelasnya.

Untuk memulai solusi tersebut, perlu ada alat. Yakni, dua tempat pembuangan sampah. Yaitu, untuk sampah organik dengan anorganik. Begitu pula dengan armadanya, perlu ada penambahan.

Adapun perbedaan cara pengelolaan sampah ini, sambung dia, bertujuan untuk menyelamatkan lingkungan. Mengingat, selama ini lingkungan disekitaran TPA Cikolotok sudah tercemar sampah. Terutama, limbah cair sampah anorganik.

"Supaya, pencemaran itu tak berkelanjutan makanya perlu penanganan pengelolaan sampah yang berbeda," cetus Dedi.

Dengan demikian, untuk merealisasikan rencananya pemkab akan mencari informasi dari negara lain mengenai tata cara pengelolaan sampah yang baik serta ramah lingkungan. Tapi, tak perlu juga harus mengunjungi negara itu, cukup mencari informasi melalui internet. Untuk diaplikasikan di Purwakarta.[ang]

0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Polisi Kawal Gerbang Tol
HARI ini Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang putusan sengketa Pilpres. Polisi memberlakukan status Siaga I. Mereka menjaga akses keluar Kota Bandung.
KARIKATUR + Indeks