Sabtu, 25 Oktober 2014 | 17:09 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

1500 Kader Ikuti Seleksi Caleg PDIP

Oleh: Dadi Haryadi
Jabar - Jumat, 15 Maret 2013 | 14:09 WIB

INILAH.COM, Bandung - DPD PDIP Jabar sedang melakukan proses seleksi kepada kadernya untuk menjadi calon legislatif yang akan maju dalam Pemili Legislatif 2014. Tercatat sekitar 1.500 bakal caleg yang sudah daftar yang kini sedang bersaing ketat untuk lolos seleksi.

Sekretaris DPD PDIP Jabar Gatot Tjahjono mengatakan sekitar 200 kader mendaftar untuk menjadi DPRD Jabar, sedangkan untuk DPRD kota/kabupaten, sebanyak 1.300 kader.

"Untuk di Jabar sekitar 200 orang sedangkan Kota/Kabupaten sekitar 1.300 orang," ujarnya saat dihubungi wartawan, Jumat (15/3/2013)

Dia menjelaskan pintu pendaftaran seleksi dibuka secara umum. Pendaftar bisa berasal dari luas partai asalkan memiliki kriteria khusus.

"Kalau pendaftar yang dari luar partai paling tidak memiliki basis massa yang kuat," katanya.

Mesi begitu, lanjutnya, pintu pendaftaran telah ditutup sejak lama. Kini, pihaknya sedang berkonsentrasi menjaring ribuan kader tersebut.

Para kader, katanya, akan melalui beberapa ujian mulai dari prikotes hingga tes urine. Hasil tes tersebut akan menjadi acuan dan penilaian partai demi menentukan kelulusan kader manjadi caleg.

"Kami ingin mengetahui kondisi prikologi kader, tidak hanya itu ada juga tes urine demi memastikan caleg yang diusung bebas dari narkoba," ucapnya.

Selain caleg di Jabar dan Kabupaten/Kota, pihaknya juga merekomendasikan salah satu kadernya yang menjadi kepala daerah. Salah satunya, Bupati Kuningan Aang Hamid Suganda sebagai caleg DPR RI.

Menurutnya, Aang layak maju menjadi wakil rakyat di tingkat pusat mengingat kinerja positif memimpin Kuningan. Terlebih, Aang juga mampu membangun basis massa yang kuat di wilayah yang menjadi salah satu lumbung padi nasional tersebut.

"Sampai sekarang kepala daerah yang direomendasikan hanya Pak Aang yang diusulkan," bebernya.

Gatot juga mengaku sampai saat ini belum ada bakal caleg yang berasal dari kalangan artis. Namun, tapi tidak menutup kemungkinan bakal terdapat caleg artis di tingkat pusat.

"Kalau itu sih urusan DPP," ucapnya.

Hingga kini, katanya, proses seleksi masih berlangsung yang diprediksi selesai pada bulan depan. Nantinya, hasil seleksi berupa daftar caleg sementara (DCS) dari kota/kabupaten dan tingkat Jabar akan diserahkan ke DPP PDIP. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
TARIK-ULUR KABINET JOKOWI
PRESIDEN Jokowi masih belum mengumumkan susunan kabinetnya. Ada tarikmenarik kepentingan dalam proses seleksi.
ASPIRASI + Indeks