Kamis, 23 Oktober 2014 | 07:35 WIB

Lahan Pakan Sapi Perah di Lembang Makin Minim

Oleh: Doni Ramdhani
Bandung raya - Minggu, 17 Maret 2013 | 19:30 WIB
Sapi perah - inilah.com/Dicky Zulfikar N

INILAH, Lembang - Banyaknya sapi di daerah Lembang tak dibarengi dengan adanya lahan pakan utama rumput. Hal itu diakui Ketua Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU), Dedi Setiadi.

Meningkatnya populasi sapi perah di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), tutur Dedi, tidak diimbangi ketersediaan lahan pakan yang memadai. Kini, di Lembang saja terdapat sekitar 17 ribu ekor sapi yang dikelola KPSBU. Namun, lahan rumput yang ada baru bisa memenuhi kebutuhan 5% saja.

"Untuk memenuhi pakan ternak puluhan ribu sapi, peternak harus mencari rumput sampai ke Subang bahkan ke Kota Bandung," kata Dedi, Minggu, (17/3/2013).

Berdasarkan catatannya, di wilayahnya kini hanya tersisa 400 hektare lahan yang bisa digunakan untuk pakan sapi. Untuk itu, KPSBU mengadakan kerjasama dengan pihak Perhutani dalam penyediaan lahan pakan ini. Dengan kerjasama itu diharapkan kebutuhan ideal lahan seluas 1.700 ha untuk 17 ribu ekor sapi itu dapat terpenuhi.

"Menyikapi persoalan ini, KPSBU telah mengupayakan penggunaan lahan di Kabupaten Subang. Soalnya, di Lembang sendiri sekarang semakin padat oleh pembangunan. Itu berarti, lahan untuk penyediaan pakan ternak makin sempit," jelas Dedi.

Terkait bentuk kerjasama yang dijalin, Dedi menjelaskan, KPSBU membuat nota kesepahaman dengan sistem bagi hasil yang diperbaharui setiap tahun.

"Persoalan ketersediaan rumput itu makin terasa jika di musim kemarau. Peternak terpaksa mencari rumput hingga ke Subang. Itu juga sebetulnya bukan rumput yang sengaja dipelihara, tapi rumput liar. Jarak yang harus ditempuh untuk menyabit rumput bisa sampai puluhan kilometer,” tuturnya.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
LAGA PENENTUAN
PERSIB menjamu Persebaya di leg kedua babak delapan besar ISL. Kemenangan bakal membawa Maung Bandung ke semifinal.
ASPIRASI + Indeks