Kamis, 2 Oktober 2014 | 19:29 WIB
LINTAS JABAR

Pileg 2014, Kabupaten Garut Terbagi 5 Dapil

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Selasa, 19 Maret 2013 | 22:20 WIB
ilustrasi

INILAH, Garut - Kendati sempat menjadi perdebatan cukup panjang diantara partai politik di Kabupaten Garut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Garut dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 sebanyak 5 Dapil. Jumlah Dapil tersebut sama dengan Pileg 2009 lalu.

Anggota KPU Kabupaten Garut, Dadang Sudrajat menuturkan, berdasarkan Keputusan KPU Pusat bernomor 104/Kpts/KPU/TAHUN 2013 tertanggal 9 Maret 2013, jumlah Dapil di Garut untuk Pileg 2014 ditetapkan sebanyak 5 Dapil dengan jumlah kursi sebanyak 50 kursi.

Kendati jumlah Dapil-nya tetap, lanjut Dadang, ada beberapa perubahan komposisi kecamatan. Antara lain, ada dua kecamatan masuk ke dalam Dapil 1, yakni Kecamatan Karang Tengah dan Sukawening. Sehingga Dapil 1 yang sebelumnya hanya meliputi 6 kecamatan bertambah menjadi 8 kecamatan, yakni Kecamatan Garut Kota, Karangpawitan, Wanaraja, Pangatikan, Cilawu, Sucinaraja, Sukawening, dan Karangtengah. Jumlah kursi pun bertambah menjadi 11 kursi, dari sebelumnya 10 kursi.

Dapil 4 berubah menjadi Dapil 2, meliputi 9 kecamatan, yakni Kecamatan Bayongbong, Cigedug, Cisurupan, Sukaresmi, Cikajang, Banjarwangi, Singajaya, Cihurip, dan Peundeuy. Jumlah kursi di Dapil 4 sebanyak 10 kursi.

Dapil 5 berubah menjadi Dapil 3, meliputi 11 kecamatan, yakni Kecamatan Pameungpeuk, Cisompet, Cibalong, Cikelet, Bungbulang, Mekarmukti, Pakenjeng, Pamulihan, Cisewu, Caringin, dan Talegong. Jumlah kursi di Dapil 5 sebanyak 9 kursi.

Dapil 2 berubah menjadi Dapil 4, meliputi 9 kecamatan dari sebelumnya 11 kecamatan. Kesembilan kecamatan tersebut yakni Kecamatan Leles, Kadungora, Leuwigoong, Cibatu, Kersamanah, Malangbong, Balubur Limbangan, Selaawi, dan Cibiuk. Jumlah kursi di Dapil 4 menjadi sebanyak 12 kursi, dari sebelumnya 13 kursi.

Dapil 3 berubah menjadi Dapil 5, meliputi 5 kecamatan, yakni Kecamatan Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Samarang, dan Pasirwangi. Jumlah kursi di Dapil 5 sebanyak 8 kursi.

"Jadi, sesuai aturan, semua partai mengajukan calon anggota DPRD Kabupaten Garut untuk Pileg 2014 ke KPU dalam DCS (Daftar Calon Sementara)-nya maksimal 50 calon. Untuk nanti diverifikasi KPU, apakah memenuhi syarat atau tidak," kata Dadang.

Bila hasil verifikasi atas DCS itu ditemukan nama tak memenuhi persyaratan maka yang bersangkutan gugur sebagai calon. Posisinya bisa dibiarkan kosong atau diisi lagi dengan calon lainnya bila pihak parpol merekomendasikan penggantian dengan calon lain.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Pemilihan Ketua DPR Alot
PEMILIHAN kursi pimpinan DPR berlangsung alot. Ada dua kubu yang ‘bertempur’. Nama Setya Novanto dan Puan Maharani pun bersaing.
ASPIRASI + Indeks