Rabu, 16 April 2014 | 11:28 WIB
LINTAS JABAR

ICM Sesalkan Pembongkaran Gereja di Bekasi

Oleh:
Pantura - Minggu, 24 Maret 2013 | 10:11 WIB
Profesor Nanat Fatah Natsir - antarafoto.com

INILAH.COM, Jakarta - Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Profesor Nanat Fatah Natsir menyesalkan pembongkaran gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Tamansari, Kabupaten Bekasi.

"Pembongkaran itu tampaknya kurang arif dan bijaksana dilakukan di kala kita sedang membangun toleransi antarumat beragama," kata Nanat Fatah Natsir dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Mantan rektor UIN Bandung itu mengatakan, sebelum dilakukan pembongkaran, seharusnya dilakukan upaya damai dan taat hukum yang terus-menerus sehingga penyelesaian masalah tidak menimbulkan masalah lain.

Menurut Nanat, umat beragama dan aparat pemerintahan harus menyamakan persepsi terhadap aturan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila sudah ada persepsi yang sama, penyelesaian masalah tidak akan menimbulkan konflik.

"Pemerintah juga jangan kaku dalam mengambil keputusan. Perlu dikaji dampak jangka panjang terhadap sebuah keputusan. Perlu sikap arif dan bijaksana sehingga suasana toleransi antarumat beragama dapat terwujud," kata Guru Besar Sosiologi Agama UIN Bandung itu.

Sebelumnya, dengan alasan tidak memiliki izin mendirikan bangunan, Pemerintah Kabupaten Bekasi membongkar bangunan HKBP Tamansari, Kecamatan Setu pada hari Kamis (21/3). antara

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Menggapai Mimpi Citarum Bersih
MEDIA asing menyoroti pencemaran Sungai Citarum. Aktivis lingkungan pun pesismistis program Citarum bersih 2018 terwujud.
KARIKATUR + Indeks